Polisi Periksa Pemilik Tempat Ledakan Diduga Bom Ikan di Sibolga

Datuk Haris Molana - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 16:46 WIB
Polisi melakukan olah TKP di lokasi ledakan keras Sibolga, Sumut.
Pemilik rumah sumber ledakan diperiksa. (Foto: dok. Humas Polres Sibolga)
Medan -

Polda Sumut terus menyelidiki ledakan keras yang diduga bom ikan hingga melukai beberapa warga di Sibolga, Sumatera Utara (Sumut). Pemilik tempat sumber ledakan diperiksa.

"Tim sudah memeriksa salah satu pemilik dari tangkahan, kemudian memeriksa beberapa saksi yang lainnya. Pemeriksaan masih berjalan," kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi, Selasa (25/1/2022).

Hadi mengatakan, dari hasil pemeriksaan sementara, disimpulkan ledakan terjadi di salah satu ruangan di tangkahan tersebut. Bahan yang meledak itu diduga mengandung nitrat yang dipakai oleh nelayan setempat

"Jadi bom itu kesimpulan sementara titik ledaknya itu ada di salah satu ruangan di tangkahan di lokasi itu. Ini berasal dari bubuk residu yang mengandung nitrat yang mungkin itu digunakan untuk membuat bom ikan oleh nelayan-nelayan setempat," sebut Hadi.

Selain itu, Hadi mengaku sampai sekarang tim Jibom Brimob Polda Sumut dan Puslabfor Polres Sibolga masih melakukan sterilisasi. Petugas masih melakukan olah TKP di lokasi.

Selanjutnya, warga yang terdampak ledakan itu saat ini telah ditampung di tempat yang telah disediakan pemerintah setempat.

"Kemudian, kita ketahui, dari dampak kejadian itu, ada 9-10 rumah yang merupakan itu rumah kontrakan, ada 14 kepala keluarga. Mereka itu saat ini ditampung, disiapkan tempat penampungan oleh pemerintah daerah setempat," ujar Hadi.