Motif 8 Pembakar Mobil Dinas Kepala Keamanan Lapas Pekanbaru

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 15:56 WIB
8 pembakar mobil dinas Kepala keamanan Lapas Pekanbaru ditangkap
Delapan tersangka pembakaran mobil dinas kepala lapas Pekanbaru. (Raja Adil Siregar/detikcom)
Pekanbaru -

Delapan pelaku pembakaran mobil dinas Kepala Keamanan Lapas Kelas II Pekanbaru, Effendi Purba, ditangkap. Disebutkan bahwa motif pembakaran adalah dendam.

Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto mengatakan para pelaku ditangkap, Senin (24/1/2022) kemarin. Otak pembakaran adalah narapidana Lapas Pekanbaru, Riko Silalahi.

"Hasil interogasi, motif RS adalah sakit hati dengan korban, di mana pernah dilakukan razia oleh korban kepada para napi dan HP RS disita dan tidak kembali," kata Sunarto, Selasa (25/1).

Sunarto mengatakan Riko adalah tahanan Lapas Kelas II Pekanbaru. Riko ditangkap kasus narkoba dan telah divonis 10 tahun penjara.

"RS ini narapidana, sudah ditahan 6 tahun atas kasus narkoba. Jadi memang motif karena dendam, bayar orang untuk teror," kata Sunarto.

Sunarto memastikan Riko memerintahkan para pelaku khusus untuk melakukan teror. Tidak ada perintah untuk melukai kepala keamanan tersebut.

"Perintah dia hanya bakar, pecah kaca dan itu untuk meneror. Jadi memang rencana untuk menakut-nakuti saja dia lakukan itu," katanya.

Riko sendiri bisa berkomunikasi dengan 7 pelaku lain setelah kenal di lapas. Di mana salah satu pelaku adalah bekas narapidana Lapas Kelas II Pekanbaru yang sudah bebas.

Komunikasi sendiri dilakukan Riko melalui telephone seluler. Ia meminta para pelaku melakukan teror dengan upah Rp 80 juta.

Terkait kasus teror bom molotov di rumah Kepala Divisi PAS Kanwil Kemenkumham Riau, Malidi Hilal, masih didalami. Tidak menutup kemungkinan pelaku melakukan aksi teror serupa.

"Masih kita dalami soal molotov. Seperti di Lapas soal teror pecah kaca, itu juga kami dapat dari pengembangan," kata Sunarto.

Diberitakan sebelumnya, mobil dinas milik Kepala Keamanan Lapas Gobah dibakar orang tak dikenal. Mobil dibakar saat parkir di halaman rumah sekitar pukul 04.45 WIB, Kamis (20/1).

Simak Video 'Terekam CCTV! Detik-detik Mobil Dinas Kepala Keamanan Lapas Pekanbaru Dibakar':

[Gambas:Video 20detik]



(ras/mae)