KPK Telusuri Aliran Uang di Kasus Suap Bupati Musi Banyuasin

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 10:23 WIB
KPK menetapkan Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex Noerdin sebagai tersangka kasus dugaan suap pengadaan barang dan jasa proyek infrastruktur. Usai KPK melakukan penahanan, Dodi Alex irit bicara saat keluar gedung KPK.
KPK menetapkan Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex Noerdin sebagai tersangka kasus dugaan suap pengadaan barang dan jasa proyek infrastruktur. (Azhar/detikcom)
Jakarta -

KPK telah memeriksa sejumlah saksi terkait kasus dugaan suap pengadaan barang dan jasa infrastruktur yang menjerat Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex Noerdin (DRA). KPK mendalami para saksi soal aliran uang yang diterima Dodi Alex dari berbagai pihak.

"Para saksi hadir dan tim penyidik masih terus mendalami terkait dugaan penerimaan sejumlah uang oleh tersangka DRA dari berbagai pihak," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Selasa (25/1/2022).

Saksi itu di antaranya PNS, Hendra Oktariza; Direktur CV Abimanyu Poetra Warman, Adi Gustiawan; Direktur CV Radja Persada, Muhammad Fahri; dan pegawai SPBU, Ramadhan. Para saksi diperiksa Senin kemarin (24/1) di kantor Satbrimobda Sumsel.

Ali mengatakan KPK juga menerima pengembalian sejumlah uang dari pihak terkait perkara. Uang tersebut tentunya akan disita sebagai barang bukti.

"Selain itu, tim penyidik menerima pengembalian sejumlah uang dari beberapa pihak yang untuk kemudian disita sebagai barang bukti dalam perkara ini," ujar Ali.

Selanjutnya, Ali mengatakan KPK mengimbau seluruh pihak yang mengetahui akal bulus Dodi Alex memberikan keterangan dengan jujur.

"KPK juga mengimbau kepada pihak-pihak yang mengetahui adanya perbuatan pidana yang dilakukan oleh tersangka DRA agar dengan jujur menerangkan di hadapan tim penyidik," katanya.

Sementara itu, untuk saksi ibu rumah tangga, Sri Eliza, tidak memenuhi pemanggilan KPK. Pemanggilannya akan dijadwalkan ulang.

Sebelumnya, KPK menetapkan Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin menjadi tersangka suap berkaitan dengan suap pengadaan barang dan jasa infrastruktur. Dodi langsung ditahan di Rutan KPK Kavling C1.

"Setelah dilakukan pengumpulan berbagai bahan keterangan terkait dugaan tindak pidana korupsi yang dimaksud, KPK meningkatkan status perkara ini ke tahap penyidikan dengan mengumumkan 4 tersangka," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata saat konferensi pers di gedung KPK, Jakarta, Sabtu (16/10).

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Lihat Video: KPK Beberkan Konstruksi Perkara Bupati Musi Banyuasin Dodi Alex Noerdin

[Gambas:Video 20detik]