Polda Sumsel Disebut Terima Uang dari Penyuap Bupati Muba, Ini Kata Kapolda

Prima Syahbana - detikNews
Sabtu, 22 Jan 2022 13:34 WIB
Kapolda Sumsel Irjen Toni Harmanto
Kapolda Sumsel Irjen Toni Harmanto (Prima/detikcom)
Palembang -

Polda Sumsel buka suara terkait pernyataan saksi yang mengatakan Polda Sumsel menerima uang dari penyuap Bupati nonaktif Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex Noerdin. Apa kata Polda Sumsel?

"Pemeriksaan bukan di kita, nanti salah menyampaikan perkara yang tidak kita ketahui," kata Kapolda Sumsel Irjen Toni Harmanto saat dimintai konfirmasi, Sabtu (22/1/2022).

Ketika ditanya apakah ada keterlibatan Kapolres OKU Timur AKBP Dalizon yang dicopot beberapa waktu lalu dan kini diperiksa Divpropam Mabes Polri, Toni belum bisa menjelaskan. Dia pun menyerahkan kasus Dalizon ke Mabes Polri.

"Kalau saya mengatakan, mungkin ada ke arah sana (AKBP Dalizon). Tapi intinya, persoalan ini sudah ditangani di sana (Mabes Polri). Termasuk indikasi keterlibatan dari oknum yang disebut itu, silakan dikonfirmasikan langsung ke sana ya (Mabes Polri)," ujar Toni.

Diketahui, AKBP Dalizon, yang pernah menjabat sebagai Kasubdit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Ditreskrimsus Polda Sumsel, dicopot dari jabatan Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU) Timur di Sumatera Selatan (Sumsel).

Dalizon dicopot karena diduga terlibat pelanggaran terkait jabatannya dan sedang diperiksa di Propam Polri. Pencopotan itu tertuang dalam surat perintah nomor: Sprin/2294/XII/HUK.6.6/2021 yang ditandatangani Kapolda Sumsel Irjen Toni Harmanto, Minggu (19/12).

Lihat juga Video: KPK Beberkan Konstruksi Perkara Bupati Musi Banyuasin Dodi Alex Noerdin

[Gambas:Video 20detik]