Lelang Tender Sirkuit Formula E Gagal, Begini Respons Direksi JakPro

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 01:20 WIB
Direktur PT Jakpro, Gunung Kartiko (kiri) dan Direktur Utama PT Jakpro, Widi Amanasto (kanan). (Tiara/detikcom)
Foto: Direktur PT Jakpro, Gunung Kartiko (kiri) dan Direktur Utama PT Jakpro, Widi Amanasto (kanan). (Tiara/detikcom)
Jakarta -

Tender lelang pembangunan lintasan Formula E disebut gagal. Pengumuman gagal itu disampaikan melalui situs e-Procurement JakPro.

"Jasa rancang bangun proyek pembangunan lintas balap Formula E (gagal)," tulis keterangan dalam situs JakPro seperti dilihat detikcom, Senin (24/1/2022).

Dalam rapat bersama Komisi B DPRD DKI Jakarta hari ini, Direktur Pengelolaan Aset PT JakPro Gunung Kartiko menyampaikan sponsor pendanaan Formula E belum secara resmi dibuka. Namun dia menyebut sudah ada beberapa sponsor yang berminat.

"Jadi sponsorship belum secara resmi kita open, tapi secara verbal secara pendekatan networking yang berminat walaupun belum bisa kita declair disini, karena belum hitam di atas putih," ujarnya.

Saat dikonfirmasi mengenai pengumuman tender yang gagal di situs Jakpro, Gunung tidak memberikan jawaban yang spesifik.

"Di situ apa ini nya, yaudah," kata Gunung usai rapat. Gunung menjawab pertanyaan wartawan apakah benar tender Formula E gagal.

Seperti diketahui, PT Jakarta Propertindo (JakPro) membuka lelang pekerjaan jasa rancang proyek pembangunan lintasan balap Formula E. Lelang dibuka 5 Januari hingga 6 Januari 2022.

Dilihat detikcom, Sabtu (8/1/2022), di e-Procurement JakPro, pengumuman lelang ditetapkan 4 Januari 2022. Dengan subbidang konstruksi jasa pelaksana untuk konstruksi jalan raya (kecuali jalan layang), jalan, rel kereta api, dan landas pacu bandara, dan jasa terintegrasi untuk infrastruktur transportasi.

Nama pekerjaannya 'Jasa Rancang Bangun Proyek Pembangunan Lintasan Balap Formula E'. Metode pengadaannya pelelangan dengan pascakualifikasi.

Nilai harga perkiraan sendiri (HPS) Rp 50.157.633.916,00 (miliar). Pendaftaran lelang dibuka dua hari, yakni 5 dan 6 Januari 2022, kemudian pengambilan dokumen pada 6-7 Januari. Sementara jadwal aanwijzing (penjelasan teknis) dilaksanakan pada 10 Januari pukul 09.00 WIB.

"Nilai HPS Rp 50.

Gunung Kartiko membenarkan laporan itu. Dia mengatakan nilai HPS Rp 50 miliar itu hanya untuk pengaspalan.

"(Nilai Rp 50 miliar) untuk pengaspalan saja," kata Gunung saat dimintai konfirmasi terpisah.

Gunung Kartiko juga mengatakan saat ini sudah ada beberapa perusahaan yang mengikuti lelang itu. Nantinya, siapa pemenang lelang ini akan diumumkan JakPro.

"Ada beberapa (perusahaan daftar lelang), belum bisa kami infokan," ujar Gunung.

Lihat Video: Balas-membalas Anies Vs Giring Kian Memanas

[Gambas:Video 20detik]



(dek/isa)