Kronologi Pengeroyokan Pemobil Lansia Diawali Hasutan Maling Pemotor

M Hanafi Aryan - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 19:00 WIB
Ilustrasi penganiayaan (dok detikcom)
Foto ilustrasi pengeroyokan. (dok detikcom)
Jakarta -

Seorang lansia berinisial HM (89) tewas dihakimi massa di Pulo Kambing, Cakung, Jaktim, lantaran diteriaki 'maling' oleh pemotor. Bagaimana kronologinya?

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan mengatakan peristiwa yang menimpa HM itu terjadi pada Minggu (23/1) dini hari pukul 02.00 WIB. Saat itu petugas Polres Jaktim menerima laporan adanya tindakan curanmor.

"Awalnya petugas piket Polres Jaktim mendapat informasi adanya seseorang yang diduga melakukan pencurian kendaraan bermotor dan membawa kabur mobil milik orang lain," kata Kombes E Zulpan saat konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (24/1/2022).

Polisi yang sedang berpatroli memeriksa tempat kejadian perkara (TKP). Namun, di lokasi terlihat mobil Toyota Rush milik korban sudah rusak berat.

"Anggota Polsek Pulogadung yang sedang berpatroli meluncur ke TKP. Sesampainya di TKP ini menemukan mobil Toyota Rush warna abu-abu metalik nopol 1859-SYL yang sudah dalam keadaan rusak," lanjutnya.

Saat itu HM diketahui tidak membawa kartu identitas. Kondisi HM juga dilaporkan mengalami luka akibat pengeroyokan.

"Jadi korban ini pengemudi pada saat kita temukan di TKP ini memang tidak memiliki identitas. Mengalami luka-luka akibat dikeroyok oleh sejumlah orang," ucapnya.

Mengetahui hal tersebut, petugas mencoba mengamankan situasi saat itu. Korban lansia itu sempat dilarikan ke rumah sakit.

"Mengamankan situasi, kemudian melakukan langkah membawa korban ke RSCM, walaupun akhirnya meninggal dunia," kata Zulpan.

14 Orang Terduga Pelaku Ditangkap

Setelah dilakukan pemeriksaan KTP, CCTV, dan pengamanan barang bukti, pada sore hari ini polisi telah mengamankan 14 orang yang diduga terlibat dalam aksi pengeroyokan kepada korban.

"Sampai sore ini sudah dilakukan pemeriksaan dan masih berlangsung. Ada 14 orang yang sudah kita amankan dan periksa terkait hal ini," jelas Zulpan.

Menurut Zulpan, dari hasil pemeriksaan 14 orang itu, diketahui kejadian nahas tersebut bermula saat salah satu pemotor tertabrak oleh HM. Kemudian provokator tersebut meneriaki korban maling.

"Orang yang diperiksa ada satu yang motornya diserempet dan kemudian dia melakukan provokasi dengan teriakan maling," jelas Zulpan.

Zulpan menambahkan satu orang telah ditetapkan sebagai tersangka dari 14 orang yang telah diamankan. Tersangka pria berinisial R.

"R ini melakukan pemukulan ya," tutur Zulpan.

Aksi kejar-kejaran terhadap sebuah mobil di Pulo Kambing, Cakung, Jaktim, viral di media sosial. Sopir berinisial HM (89) sempat diteriaki 'maling' hingga akhirnya tewas dikeroyok sekelompok orang.

Dalam video viral itu, sejumlah orang tampak mengejar sambil meneriaki HM. Aksi pengejaran terhenti di kawasan Pulogadung, Jaktim.

"Maling... maling... maling.... Berhentiin nih ini mobil maling. Maling woi, kejar, kejar," ujar seorang pria dalam video yang dilihat detikcom, Minggu (23/1).

Simak video 'Keluarga Ungkap Kronologi Pengeroyokan Lansia hingga Tewas di Jaktim!':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mei)