ADVERTISEMENT

Logo Hari Gizi Nasional 2022 Serta Maknanya Jelang Peringatan 25 Januari

Tim detikcom - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 16:48 WIB
Logo Hari Gizi Nasional 2022 Serta Maknanya Jelang Peringatan 25 Januari
Logo Hari Gizi Nasional 2022 Serta Maknanya Jelang Peringatan 25 Januari (Foto: Dok. Kemenkes)
Jakarta -

Logo Hari Gizi Nasional 2022 mengusung tema 'Stunting dan Obesitas'. Hari Gizi Nasional jatuh pada tanggal 25 Januari setiap tahunnya.

Hari Gizi Nasional diperingati sebagai upaya membangun kesadaran masyarakat akan kesehatan melalui gizi yang seimbang. Berikut informasi selengkapnya terkait Logo Hari Gizi Nasional 2022.

Logo Hari Gizi Nasional 2022: Cegah Stunting dan Obesitas

Logo Hari Gizi Nasional 2022 dapat dilihat melalui situs Promkes Kemkes RI. Dalam logo Hari Gizi Nasional 2022, terdapat slogan 'Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas' sebagai ajakan kepada masyarakat untuk meningkatkan kepedulian pada gizi demi kesehatan tubuh.

Makna Logo Hari Gizi Nasional 2022

Logo Hari Gizi Nasional 2022 mengusung tema 'Stunting dan Obesitas'.Logo Hari Gizi Nasional 2022 mengusung tema 'Stunting dan Obesitas'. Foto: dok Kemenkes

Logo Hari Gizi Nasional 2022 memiliki makna yang digambarkan oleh simbol warna-warni. Melansir dari situs Dinkes Sleman, berikut 3 makna utama dalam logo Hari Gizi Nasional 2022.

  • Simbol dua anak (laki-laki dan perempuan): menandakan tumbuh kembang anak-anak yang sehat
  • Angka 62: Hari Gizi Nasional 2022 merupakan peringatan yang ke-62
  • Simbolisasi isi piring ku: artinya keseimbangan pola makan/porsi yang sesuai dengan tumbuh kembang anak-anak.

Logo Hari Gizi Nasional 2022: Tema yang Diangkat untuk Tahun Ini

Logo Hari Gizi Nasional 2022 menandakan tema yang diangkat untuk peringatan tahun ini. Melansir situs resmi Dinkes Sleman, tema Hari Gizi Nasional tahun ini adalah "Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas".

Menurut Kemenkes RI, stunting merupakan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak karena kurang gizi kronis dan infeksi berulang yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar pada umumnya. Stunting pada anak menyebabkan terganggunya perkembangan otak, metabolisme tubuh, dan pertumbuhan fisik.

Kemudian, obesitas adalah faktor risiko terjadinya Penyakit Tidak Menular (PTM), seperti Penyakit Jantung Koroner (PJK), Diabetes Melitus (DM) atau kencing manis, dan hipertensi atau darah tinggi. Pencegahan terhadap obesitas dapat dilakukan dengan menjalankan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), mulai dari:

  • Aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari
  • Mengonsumsi buah dan sayur
  • Tidak merokok
  • Mengurangi konsumsi gula garam dan lemak
  • Memeriksakan kesehatan secara rutin.

Sejalan dengan informasi logo Hari Gizi Nasional 2022, simak halaman selanjutnya untuk mengetahui sejarah Hari Gizi Nasional

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT