Sekretaris PD Balikpapan Disebut Sedang Jalani Pidana, KPK Jadwal Ulang

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 16:41 WIB
Gedung baru KPK
Gedung Merah Putih KPK (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

KPK menjadwalkan pemanggilan ulang terhadap Sekretaris Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Partai Demokrat (PD) Balikpapan Syamsudin. Syamsudin sedianya akan diperiksa sebagai saksi di kasus dugaan suap Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Mas'ud.

Syamsudin tak memenuhi panggilan awal KPK karena disebut sedang menjalani pidana di kasus lain.

"Dijadwal ulang. Infonya lagi jalani pidana," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dimintai konfirmasi, Senin (24/1/2022).

Syamsudin dipanggil KPK pada Jumat (21/1). Rencananya KPK akan melakukan pemeriksaan di Kantor Mako Brimob Polda Kalimantan Timur (Kaltim).

Abdul Gafur Mas'ud sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap proyek pembangunan jalan bersama dengan Plt Bendahara DPC Partai Demokrat Balikpapan Nur Afifah Balqis. KPK pun akan menyusuri ada tidaknya aliran dana suap ke partai.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan sejatinya, kepala daerah bukan tidak mungkin akan berafiliasi dengan partai politik. Abdul Gafur pun diketahui saat ini adalah kader Partai Demokrat.

"Kita semua tahu bahwa kepala daerah itu semua terafiliasi dengan partai, kebetulan AGM ini juga dari Partai Demokrat," kata Alex dalam jumpa pers di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (14/1).

Kemudian, kata Alex, di Kalimantan Timur, saat ini tengah ada pemilihan Ketua DPD Partai Demokrat. Abdul Gafur, sebut Alex, menjadi salah seorang kandidat calon ketua di sana.

"Dan betul tadi yang disampaikan di sana sedang ada pemilihan Ketua DPD Partai Demokrat di Kalimantan Timur, salah satu calonnya adalah AGM," kata Alex.

(azh/jbr)