ASN di Sulbar Tewas Dibunuh Tetangga Usai Ditegur Saat Mandi di Sungai

Abdy Febriady - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 14:02 WIB
Ilustrasi Pembunuhan
Ilustrasi pembunuhan (Foto: Edi Wahyono)
Mamuju Tengah -

Seorang aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat (Sulbar), MJT (57) tewas di tangan tetangganya sendiri. Insiden berawal dari teguran terduga pelaku kepada korban yang sedang mandi di sungai.

Peristiwa tersebut terjadi di Desa Barakkang, Kecamatan Budong-Budong, Senin (24/1) pagi, sekitar pukul 06:00 Wita. MJT yang sehari-hari bekerja sebagai salah satu staf kantor kecamatan setempat diduga dibunuh oleh tetangganya yang merupakan ayah dan anak.

Kapolsek Budong-Budong AKP Darwis mengatakan polisi melakukan penyelidikan untuk mengungkap secara pasti pertikaian antarwarga yang nyawa ini. Darwis menyebut korban dan pelaku sebenarnya masih satu keluarga.

"Korban dan pelaku itu berhadapan rumah, kemudian istri dengan istri itu bersaudara, jadi masih hubungan keluarga, masih ada hubungan kekerabatan," ujar Darwis kepada wartawan, Senin (24/1/2022).

Darwis menjelaskan, korban diduga dibunuh oleh dua orang yang merupakan tetangga sekaligus keluarganya itu. Kedua terduga pelaku sama-sama berinisial S.

"Yang kami dapat info dari lapangan pada saat turun ke TKP, yang eksekusi korban ada dua, inisial S dua-duanya," bebernya.

Selain itu, Darwis mengatakan polisi sudah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak, termasuk keluarga korban. Dia meminta agar kasus itu diserahkan kepada kepolisian sepenuhnya.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pimpinan, juga sudah bertemu dengan tokoh-tokoh, serta keluarga korban, agar tidak melakukan tindakan anarkis, serta menyerahkan penanganan kasus ini kepada pihak kepolisian," terang Darwis.

Adapun korban tewas dengan kondisi luka parah di tubuhnya akibat terkena sabetan senjata tajam. Saat ini, jenazah korban dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mamuju Tengah untuk dilakukan visum.

Terpisah, Plt Kasubdit 3 Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Polda Sulbar AKP Jamaluddin membeberkan salah satu terduga pelaku langsung menyerahkan diri kepada pihak berwajib. Polisi masih memburu satu pelaku lainnya.

"Ada satu orang terduga pelaku yang masih kami cari, untuk langkah antisipasi terjadinya aksi balasan. Personel Polres Mamuju Tengah sudah dikerahkan ke lokasi kejadian untuk melakukan pengamanan," kata Jamaluddin.

Pengakuan Pelaku yang Diduga Bunuh ASN

Kepada polisi, terduga pelaku inisial S menceritakan kronologis kejadian cekcok tersebut. Kejadian berawal ketika S menegur korban yang saat itu sedang mandi di sungai yang ada tepat di samping rumahnya.

Karena tidak terima dengan teguran S, korban pulang ke rumahnya dan mengambil sebilah parang. Korban lalu mendatangi terduga pelaku yang saat itu juga sedang mandi. S pun memberi perlawanan.

"Saya tegur, Pak, supaya tidak mandi di samping rumah, karena ada istriku di dekat situ. Saya suruh korban pulang, tapi nadatangika kembali marah-marah sambil bawa parang, makanya saya keluar melawan," ucap S.

Lihat juga video 'Pria di Bekasi Diajak Mabuk Pelaku Sebelum Dibunuh di Hutan Kota Bekasi':

[Gambas:Video 20detik]



(drg/drg)