3 Kegunaan Vaksin Booster, Ini Alasan Perlunya Segera Daftar

Anisa Hafifah - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 13:10 WIB
Kegunaan vaksin booster diketahui sebagai upaya pengembalian imunitas tubuh dan proteksi klinis yang menurun.
3 Kegunaan Vaksin Booster, Ini Alasan Perlunya Segera Daftar (Foto: Tim Infografis Fuad Hasim)
Jakarta -

Kegunaan vaksin booster diketahui sebagai upaya pengembalian imunitas tubuh dan proteksi klinis yang menurun. Maka dari itu, pemerintah memulai program vaksinasi booster yang tengah berjalan sejak 12 Januari 2022 lalu.

Program ini merupakan upaya lanjutan dari vaksinasi dosis penuh bagi 1 atau 2 kali suntik tergantung dari jenis vaksinnya. Selain itu, pemerintah akan memberikan vaksin ketiga atau booster secara gratis untuk masyarakat umum dengan beberapa skema yang akan diberikan.

Lalu, apa saja kegunaan vaksin booster yang perlu kita ketahui? Mari simak informasinya berikut ini.

3 Kegunaan Vaksin Booster Dalam Kesehatan

Dilansir dari situs resmi Covid19.go.id, disebutkan dari sisi kesehatan, ada 3 kegunaan vaksin booster, antara lain meliputi:

  1. Adanya kecenderungan penurunan jumlah antibodi sejak 6 bulan pasca vaksinasi terutama di tengah kemunculan varian-varian Covid-19 baru termasuk varian Omicron.
  2. Sebagai bentuk usaha adaptasi masyarakat hidup di masa pandemi COVID-19 demi kesehatan jangka panjang
  3. Memenuhi hak setiap masyarakat Indonesia untuk mendapatkan vaksin demi perlindungan diri dan komunitas.

Kegunaan Vaksin Booster Dalam Ekonomi

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito menjelaskan selain bermanfaat dari sisi kesehatan, vaksin booster juga secara tidak langsung berguna untuk penguatan pemulihan ekonomi negara.

"Diluar dari beberapa manfaat vaksin booster dalam konteks kesehatan, vaksin booster secara tidak langsung dapat menjadi modal untuk penguatan pemulihan ekonomi," Wiku dalam Keterangan Pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (11/1/2022) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Dari sisi ekonomi, kondisi kasus yang melonjak dapat ditekan dengan mencegah kemunculan gelombang baru dengan pemberian vaksin booster ini. Sehingga disebutkan aktivitas masyarakat akan semakin fleksibel dengan tetap menenerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Sebagaimana PPKM leveling yang ditetapkan dengan prinsip, jika kasus semakin terkendali, maka aktivitas masyarakat dapat semakin lebih produktif," lanjut Wiku.

Kegunaan Vaksin booster, Ini Syarat Untuk Mendapatkannya

Setelah mengetahui kegunaan vaksin booster, ketahui pula mengenai syarat untuk mendapatkan vaksin booster. Melansir dari situs resmi Kemenkes RI, ada 3 syarat yang harus diperhatikan untuk bisa menerima dosis vaksin booster secara gratis, di antaranya meliputi:

  • Telah berusia 18 tahun ke atas
  • Telah menerima vaksin dosis kedua dalam jangka waktu minimal 6 bulan
  • Kelompok prioritas vaksin booster adalah orang lanjut usia (lansia) dan penderita immunokompromais.

Selain mengetahui kegunaan vaksin booster, simak halaman berikutnya untuk mengetahui cara mendapatkan tiket vaksin booster di PeduliLindungi