ADVERTISEMENT

Jaksa Ungkit Aksi Sumpah Mubahalah Azis Syamsuddin di Sidang Tuntutan

Zunita Putri - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 12:39 WIB
Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin diperiksa KPK sebagai saksi terkait kasus suap yang melibatkan Walkot Tanjungbalai.
Azis Syamsuddin (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Jaksa KPK mengungkit aksi ajakan sumpah mubahalah yang dilakukan Azis Syamsuddin dalam surat tuntutannya. Seperti apa?

Awalnya, jaksa KPK menyinggung keterangan mantan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari dalam sidang Azis yang mengaku dikenalkan mantan penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju oleh Azis Syamsuddin. Jaksa meyakini keterangan Rita, meski Azis dan Robin membantah itu.

"Keterangan Rita Widyasari patut diyakini benar dan obyektif, karena nyata Rita Widyasari masih sangat menghormati Azis Syamsuddin, dan masih berhubungan sangat baik dengan Azis Syamsuddinz sehingga nyata tidak ada motif bagi Rita Widyasari untuk sekadar memfitnah Azis Syamsuddin dalam perkara ini," jelas jaksa KPK di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar, Jakpus, Senin (24/1/2022).

Jaksa meyakini keterangan Rita yang mengaku mengenal AKP Robin dari Azis adalah benar. Sebab, Rita merupakan terpidana korupsi yang ditahan di Lapas Tangerang.

"Mustahil saja kalau saksi bisa mengenal Stepanus Robin Pattuju tanpa dikenalkan oleh Terdakwa, bagaimana ceritanya, karena saksi kan di dalam Lapas, kalau misalnya tiba-tiba ada Penyidik datang ke Lapas yang ada saksi ketakutan, dan mustahil saja, tidak mungkin saksi merekayasa seperti itu," papar jaksa.

Jaksa kemudian menyoroti aksi mubahalah yang dilakukan Azis. Jaksa mengatakan Azis beberapa kali meminta saksi yang dihadirkan jaksa untuk bersumpah mubahalah, namun giliran kesaksian Rita Widyasari, Azis tidak mengajak Rita sumpah mubahalah.

"Baiknya hubungan Terdakwa dengan Rita Widyasari makin tampak jelas, saat Terdakwa tidak mengajukan untuk dilakukannya sumpah mubahalah antara dirinya dengan Rita Widyasari, padahal dengan saksi sebelum Rita yaitu Agus Susanto, dan saksi sesudah Rita yaitu Mustafa, Terdakwa ada meminta untuk dilakukannya sumpah tersebut karena merasa keterangan para saksi ada yang tidak benar," tegas jaksa.

Sebelumnya, Azis Syamsuddin dituntut 4 tahun dan 2 bulan penjara dan denda Rp 250 juta subsider 6 bulan kurungan. Jaksa juga menuntut agar Azis dicabut hak dipilih dalam jabatan publik selama 5 tahun.

Azis disebut jaksa terbukti memberi uang secara bertahap ke AKP Stepanus Robin Pattuju yang seluruhnya berjumlah Rp 3.099.887.000 dan USD 36 ribu. Jaksa menyebut uang itu diberikan agar AKP Robin mengawal kasus APBD Lampung Tengah yang menjerat Azis dan Aliza Gunado.

Simak Video 'Azis Syamsuddin Dituntut 4 Tahun dan 2 Bulan Penjara':

[Gambas:Video 20detik]

(zap/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT