Dear Jaksa KPK, Kenapa Tak Sekalian Tuntut Maksimal Azis Syamsuddin?

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 12:04 WIB
Azis Syamsuddin
Foto: Azis Syamsuddin memakai rompi tahanan KPK. (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)
Jakarta -

Azis Syamsuddin dituntut 4 tahun dan 2 bulan penjara karena diyakini jaksa KPK memberi suap kepada mantan penyidik KPK, AKP Stepanus Robin Pattuju alias Robin dan Maskur Husain. Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) menyayangkan jaksa tak menuntut Azis dengan tuntutan maksimal.

"Saya melihat tuntutan itu sudah maksimal mendekati ambang batas atas. Karena kan untuk memberi suap kalau pasalnya hanya pasal 5 kan hanya 5 tahun. Mungkin ya mestinya 5 tahun sekalian, ngapain cuma 4 tahun 2 bulan?" kata Koordinator MAKI Boyamin Saiman kepada wartawan, Senin (24/1/2022).

Pasal 5 itu berbunyi:

(1) Dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 5 (lima) tahun
dan atau pidana denda paling sedikit Rp 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) dan paling
banyak Rp 250.000.000,00 (dua ratus lima puluh juta rupiah) setiap orang yang:

a. memberi atau menjanjikan sesuatu kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara dengan maksud supaya pegawai negeri atau penyelenggara negara tersebut berbuat atau tidak berbuat sesuatu dalam jabatannya, yang bertentangan dengan kewajibannya; atau

b. memberi sesuatu kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara karena atau berhubungan dengan sesuatu yang bertentangan dengan kewajiban, dilakukan atau tidak dilakukan dalam jabatannya.

Boyamin tetap menghormati tuntutan KPK tersebut. Dia berpandangan bahwa Azis seharusnya dituntut maksimal selama 5 tahun, karena Azis merupakan pimpinan di DPR.

"Tapi ya saya tetap menghormati langkah KPK menuntut 4 tahun 2 bulan itu. Jadi ya sedikit menyayangkan kenapa nggak sekalian maksimal aja, karena pemberi suapnya ini adalah pimpinan DPR. Waktu itu setidaknya bisa jadi, jabatannya badan anggaran dalam kasus yang terkait Robin Pattuju, apapun pimpinan kan di DPR," katanya.

"Atau setidaknya Anggota DPR, dan pernah berkecimpung di komisi hukum. Jadi ya mestinya tidak dilakukan oleh Pak Azis Syamsuddin," sambungnya.

Lebih lanjut, Boyamin akan tetap menunggu pembelaan Azis di sidang selanjutnya.

"Ini kan berdasarkan rumusan dakwaan dan tuntutan, nah nanti kita lihat pembelaan Pak Azis Syamsuddin apa di sidang berikutnya," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan Video 'Azis Syamsuddin Dituntut 4 Tahun dan 2 Bulan Penjara':

[Gambas:Video 20detik]