Minta Daerah Taat, Pemerintah Tak Berpikir PPKM Darurat atau Lockdown

Yulida Medistiara - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 12:07 WIB
Jakarta -

Pemerintah meminta masyarakat untuk menaati protokol kesehatan pencegahan penularan Corona. Menko Marves Luhut Pandjaitan mengatakan saat ini pemerintah tidak ada rencana untuk menerapkan PPKM Darurat, sebab saat ini kebijakan disusun berdasarkan level asesmen 1-4.

"Pemerintah hari ini menegaskan akan terus menggunakan asesmen level sebagai basis pengetatan masyarakat. Sampai saat ini pemerintah belum berpikir untuk memberlakukan PPKM darurat, PPKM darurat lagi, atau memberlakukan lockdown," kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (24/1/2022).

"Pemerintah meminta kepada setiap kepala daerah, Forkopimda setempat agar taat pada peraturan asesmen level yang di keluarkan pemerintah dan mentaati setiap kewajiban yang dituangkan dan untuk mencegah setiap dampak buruk di kemudian hari," ujar Luhut.

Luhut menegaskan saat ini sistem kesehatan di Indonesia sudah cukup siap untuk menghadapi varian Omicron. Selain itu, masyarakat juga diingatkan kembali untuk menerapkan protokol kesehatan, serta melakukan vaksinasi bagi yang belum di vaksin.

"Perlu saya tegaskan kembali bahwa pemerintah pastikan sistem kesehatan hari ini sudah cukup siap dalam menghadapi omicron ini. Namun langkah langkah bijak bagi masyarakat yang menaati protokol kesehatan dan mengikuti anjuran pemerintah untuk melakukan merupakan faktor utama dalam mencegah keparahan yang bisa terjadi," ujar Luhut.

Luhut mengajak masyarakat untuk disiplin protokol kesehatan. Penularan varian omicron dapat terjadi kepada siapa saja, Luhut meminta semua pihak taat protokol kesehatan.

"Kita harus semua kompak karena ini adalah musuh kita bersama," ujarnya.

(yld/tor)