Anies Pamer JIS di Makassar, Pakar Unhas: Tujuannya Elektabilitas Pilpres

Hermawan Mappiwali - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 11:36 WIB
Anies Baswedan di Acara Masyarakat Sulsel Menyambut Anies Baswedan di Makassar. (Hermawan/detikcom)
Foto: Anies Baswedan di Acara Masyarakat Sulsel Menyambut Anies Baswedan di Makassar. (Hermawan/detikcom)
Makassar -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Sabtu (22/1) lalu berkunjung ke Makassar dan memamerkan beberapa capaian kerjanya di Jakarta termasuk proyek Jakarta International Stadium (JIS). Pakar Politik Universitas Hasanuddin (Unhas) Andi Ali Armunanto menilai hal itu dilakukan Anies untuk menaikkan elektabilitasnya jelang Pilpres 2024.

"Saya rasa salah satu sasaran kedatangan dia ke Makassar untuk mendorong elektabilitas surveinya Anies supaya bisa lebih tinggi lagi," kata Ali kepada detikcom, Senin (24/1/2022).

Dosen Departemen Ilmu Politik Unhas itu menjelaskan, Kota Makassar sebagai gerbang Indonesia Timur memang kerap menjadi tujuan pala bakal calon presiden untuk menaikkan elektabilitas di wilayah timur Indonesia khususnya Sulsel. Dia lalu menilai Anies ke Makassar untuk mengikuti jejak calon kontestan Pilpres 2024 lainnya seperti Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo yang sudah ke Makassar lebih dulu.

"Sebelumnya juga Ganjar sudah pernah hadir, Ridwan juga sudah pernah hadir. Nah ini akan tidak menguntungkan bagi Anies kalau Anies juga tidak dagang ke Makassar," jelasnya.

"Apalagi Makassar kan pintu masuk Indonesia Timur, pengaruh-pengaruh elit politik di Makassar juga cukup luas mencakup Indonesia Timur," lanjutnya.

Ali menegaskan, 3 bakal calon capres 2024 yakni Anies, Ganjar, dan Ridwan Kamil masih sama-sama memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan dukungan warga Sulsel. Langkah Anies yang memamerkan capaian kerjanya di Jakarta adalah untuk memenangkan hati warga Sulsel.

"Itu merupakan agenda politik, dalam artian itu tidak terlepas dari agenda 2024, salah satunya mungkin adalah mensosialisasikan ke masyarakat Makassar," imbuhnya.

Makna Kedekatan Anies dengan NasDem Sulsel

Ali juga turut mengomentari Anies yang disambut petinggi NasDem Sulsel saat acara 'Masyarakat Sulawesi Selatan Menyambut Anies Baswedan'. Menurutnya, itu menjadi simbol kuat bahwa Anies kian mesra dengan NasDem untuk menuju Pilpres 2024.

"Saya rasa itu sudah pasti. Karena partai di daerah itu apalagi khusus pilpres ini tidak lepas dari kontrol pusat, jadi saya rasa itu juga salah satu bentuk arahan (DPP NasDem)" paparnya.

Meski demikian, NasDem disebutnya tidak akan secara lugas langsung menunjukkan ke dukungannya ke Anies. Hal itu karena ada etika politik yang masih dijaga NasDem.

"Saat ini NasDem bagian dari koalisi pemerintah Jokowi yang dipimpin oleh PDIP, dan saya rasa tidak elok karena kalau NasDem secara terbuka menyatakan mendukung Anies sementara dia berada dalam balik pemerintahan Jokowi," paparnya

"Tapi apa yang dilakukan NasDem kemarin itu sudah menjadi sinyal kuat bahwa Anies Baswedan kedepannya mungkin akan didukung oleh NasDem. Saya rasa tidak mungkin NasDem akan melakukan kegiatan penting tanpa ada tujuan politik atau agenda politik yang spesifik," pungkasnya.

Simak juga 'Balas-membalas Anies Vs Giring Kian Memanas':

[Gambas:Video 20detik]



(hmw/nvl)