Kasus COVID Meningkat, Tangerang Terapkan PTM 50 Persen Mulai Hari Ini

Khairul Ma'arif - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 11:20 WIB
Suasana PTM di SDN 14 Tangerang (Foto: Khairul/detikcom)
Suasana PTM di SDN 14 Tangerang (Foto: Khairul/detikcom)
Tangerang -

Kasus positif COVID-19 di Kota Tangerang kembali merangkak naik dalam beberapa hari belakangan ini. Karena itu, Pemkot Tangerang pun mengurangi kapasitas kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah hingga 50 persen.

"Per hari ini semuanya 50 persen," kata Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Helmiati, kepada wartawan, Senin (24/1/2022).

Sebagai informasi, sekolah di Kota Tangerang sebelumnya menerapkan pembelajaran tatap muka (PTM) berkapasitas 100 persen.

Helmiati mengungkapkan selain mengurangi kapasitas, durasi PTM juga berkurang. Mulai hari ini, durasi sekolah tatap muka maksimal dilaksanakan 3 jam.

"Durasinya maksimal 3 jam terus apabila satu kelas dipakai dua rombel maka jeda waktunya minimal satu jam supaya didisinfektan dulu dan tidak terjadi berkerumun antara ortu yang menjemput dan yang mengantar," tutur dia.

Kemudian, untuk murid kelas 1 dan 2 diterapkan pembelajaran secara daring. Helmiati menjelaskan, kebijakan itu diambil lantaran murid kelas 1 dan 2 dianggap masih terlalu dini memahami protokol kesehatan yang wajib diterapkan di sekolah.

"Ada juga mulai hari ini kelas 1,2 semua online dulu karena kelas satu dan dua edukasinya masih kurang untuk prokes masih terlalu dini untuk memahami prokes jadi kita masih ada khawatir karena lonjakan Covid-19 cukup signifikan di Kota Tangerang. Mulai hari ini juga pengawas monitoringnya setiap hari terus laporan ke dinas setiap akhir pekan," jelas Helmiati.

SDN 14 Kota Tangerang PTM 50 Persen

Salah satu sekolah yang sudah mulai menerapkan PTM 50 persen yakni SD Negeri 14 Kota Tangerang. Kepala Sekolah SD Negeri 14 Kota Tangerang, Wawat Tustiawati mengatakan di sekolah yang dipimpinnya penerapan PTM 50 persen dilakukan dengan 2 sesi.

"Mulai hari ini, Senin 24 Januari 2022 sudah mulai diterapkan kembali bahwa PTM terbatas sudah diterapkan 50 persen. Artinya kembali kelas seperti pelaksanaan PTM di bulan Oktober, November, Desember menjadi dua sesi," katanya saat ditemui di SDN Tangerang 14, Senin (24/1/2022).

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan Video 'Omicron Diprediksi Naik, Komisi X Minta PTM Tetap Berjalan':

[Gambas:Video 20detik]