Anies Tinjau 3 Titik Banjir di Kalideres Jakbar Tadi Malam

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 23 Jan 2022 13:17 WIB
Gubernur Anies meninjau lokasi banjir di Kalideres
Gubernur Anies meninjau lokasi banjir di Kalideres (Tangkapan layar Instagram Anies Baswedan)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan semalam meninjau 3 titik banjir di kawasan Kalideres, Jakarta Barat. Diketahui, ketiga wilayah ini merupakan kawasan terdampak banjir.

Momen peninjauan ini dibagikan Anies melalui Instagram Story di akun pribadinya, @aniesbaswedan. Terlihat, Anies tampak didampingi oleh pejabat Pemkot Jakarta Barat menyusuri kawasan Kalideres.

Saat Anies tiba, di lokasi tersebut sedang dilakukan penyedotan air menggunakan pompa. Tampak pula air merendam jalan di sekitar permukiman rumah warga.

Selama peninjauan, tak jarang Anies mendapatkan permintaan untuk berfoto bersama warga sekitar sampai akhirnya dia berpamitan.

"Mudah-mudahan semuanya sehat ya," ucap Anies.

"Makasih ya, Pak," balas warga.

Dimintai konfirmasi terpisah, Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Barat, Purwanti Suryandari menuturkan, lokasi yang disambangi Anies adalah 2 RW di Tegal Alur dan 1 RW di Kelurahan Kamal. Kini, banjir di kawasan tersebut sudah dinyatakan surut.

"RT 3 RW 8 Kelurahan Kamal, RT 3 RW 3 Tegal Alur dan RT 15 RW 3 Tegal Alur. Saat ini sudah surut," kata Purwanti saat dimintai konfirmasi, Minggu (23/1/2022).

Purwanti mengatakan saat ini warga tengah membersihkan rumah pascakebanjiran. Di samping itu, pihaknya juga membuat tanggul di kawasan sekitar Kali Semongol.

"Pagi ini kita kerja bakti dan membuat tanggul sementara dari karung pasir, ke depan akan kita buat pasangan batu kali," ujarnya.

"Ke depan sepanjang Kali Semongol akan kita perkuat tanggulnya," tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, Banjir menggenangi beberapa RW di wilayah Tegal Alur, Jakarta Barat, beberapa hari belakangan ini. Wali Kota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko menyebut banjir sulit surut karena beberapa faktor, di antaranya curah hujan tinggi dan air rob.

"Ini karena curah hujan tinggi kemudian air rob yang juga air pasang tinggi sehingga menyebabkan keterlambatan aliran sungai atau Kali Semongol ini sehingga kali ini meluap di beberapa titik di kawasan Tegal Alur," kata Yani di Tegal Alur, Jakarta Barat, Minggu (23/1/2022).

Selain itu, curah hujan yang tinggi pada Selasa (18/1) lalu diketahui di atas rata-rata normal. Curah hujan tersebut setinggi 120-170 mm/hari.

Simak juga 'Data Lengkap Banjir di Jakarta 18 Januari Imbas Hujan Ekstrem':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/eva)