Dua Bulan Lamanya Kursi Pangkostrad Kosong Akhirnya Diisi Mayjen Maruli

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 23 Jan 2022 09:46 WIB
Mayjen Maruli Simanjuntak ditunjuk Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menjadi Pangkostrad. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Pangdam IX/Udayana. (dok FB Kodam IX/Udayana)
Foto: Mayjen Maruli Simanjuntak. (dok FB Kodam IX/Udayana)
Jakarta -

Terjawab sudah siapa yang mengisi posisi Pangkostrad selepas Jenderal Dudung jadi KSAD. Mayjen TNI Maruli Simanjuntak ditunjuk Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menjadi Pangkostrad.

Jenderal Dudung Abdurachman resmi menjabat sebagai KSAD pada Rabu (17/11/2021) lalu. Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta.

Dudung pada saat itu menyebutkan nama Pangkostrad segera dilaporkan ke Panglima TNIJ Jenderal Andika. Sejak saat itu posisi Pangkostrad kosong kurang lebih selama dua bulan.

"Penggantinya sampai sekarang belum," ujar Dudung, Rabu (17/11/2021).

Di waktu yang sama, Jenderal Andika mengatakan nama Pangkostrad dilaporkan ke Presiden Jokowi. Andika menuturkan hanya menyiapkan data.

"Saya akan lapor kepada Presiden karena ini hubungannya dengan Wanjakti, jadi pengisian jabatan itu kan mekanismenya melalui sidang Wanjakti," kata Andika, Rabu (17/11/2021).

"Pokoknya saya bertugas hanya menyiapkan data, memohon petunjuk. Beliau silakan memilih sesuai dengan yang memang sudah eligible," imbuhnya.

Kala itu, nama Mayjen Maruli Simanjuntak sudah digadang-gadang akan mengisi posisi Pangkostrad. Namun Jenderal Andika menyebut keputusan ada di tangan Jokowi.

"Itu nanti diputuskan oleh beliau. Kami tugasnya hanya menyiapkan data, kemudian melaporkan kepada Presiden," ujar Andika.

Sebab Jabatan Pangkostrad Lama Kosong

Dua bulan lamanya jabatan Pangkostrad kosong setelah Jenderal Dudung Abdurachman dipromosikan menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengungkapkan alasan jabatan Pangkostrad sempat kosong.

"Kandidat kalau untuk yang Pangkostrad di AD, kemudian Pangkohanudnas di AU, bintang tiga juga, dengan Panglima Koarmada RI di AL. Itu semuanya adalah bintang dua yang sudah eligible. Jadi banyak, masing-masing banyak ini calonnya. Jadi nanti kita liat saja di dalam proses Wanjakti (Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi)," kata Andika dalam jumpa pers di Kejaksaan Agung, Jalan Bulungan, Jakarta Selatan, Jumat (14/1/2022).

Andika memastikan tidak ada tarik-menarik nama dalam penentuan calon Pangkostrad di Wanjakti. Sebab, kata Andika, Wanjakti sudah menyiapkan konsep secara keseluruhan.

"Jadi kalau tarik-menarik, tidak ada, sama sekali tidak ada. Ini kan kami menyiapkan konsep ini secara keseluruhan, dan Wanjakti itu biasanya dilakukan setiap tiga bulan sekali," kata Andika.

Simak Video 'Profil Mayjen Maruli Simanjuntak, Menantu Luhut yang Ditunjuk Jadi Pangkostrad':

[Gambas:Video 20detik]