Dokter Ungkap Kondisi Terkini Korban Kecelakaan Maut di Balikpapan

Muhammad Budi Kurniawan - detikNews
Sabtu, 22 Jan 2022 17:39 WIB
Kecelakaan maut Balikpapan.
Lokasi kecelakaan maut di Balikpapan (Foto: dok. Istimewa)
Balikpapan -

Dokter Rumah Sakit Kanudjoso Djatiwibowo, Balikpapan, mengungkap kondisi terkini para korban kecelakaan maut di turunan wilayah Muara Rampak, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Dari total 13 korban yang dirawat, kondisi 12 korban dinyatakan keadaan baik, sedangkan satu masih kritis.

"Dari 13 pasien yang kita rawat, 12 dalam kondisi baik, hanya luka ringan dan sebagian mengalami patah kaki, namun tidak perlu dilakukan operasi. Sedangkan satu korban (MA) masih dalam penanganan intensif karena mengalami luka cukup parah," ucap dokter ICU Kanudjoso Djatiwibowo, Balikpapan, Hendra Gunawan, saat ditemui detikcom, Sabtu (22/1/2022).

Terkait detail mengenai keadaan MA, pengemudi mobil Toyota Calya merah, Hendra menjelaskan saat ini keadaan pasien dalam keadaan baik. Meski pasca-operasi sempat kritis, keadaan MA berangsur-angsur membaik.

"Iya tadi malam sempat kritis, tapi sekarang sudah baik, sudah bisa kontak dan merespons, tapi masih kita pantau terus," terangnya.

Selain itu, dalam waktu dekat, pihak dokter berencana melakukan operasi lanjutan kepada MA karena kondisi tangan kanan MA yang hancur akibat terseret saat kecelakaan terjadi.

"Kalau bisa digerakkan dan pembuluh darahnya ketemu, akan kita sambung. Namun, jika tidak bisa, rencananya akan kita amputasi, tapi dokter masih rundingan dulu, apa bisa direkonstruksi atau diamputasi," bebernya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty dan pihak dokter saat ditemui di RS Kanudjoso Djatiwibowo BalikpapanKepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty dan pihak dokter saat ditemui di RS Kanudjoso Djatiwibowo, Balikpapan (Muhammad Budi Kurniawan/Detikcom)

Terpisah, Kadinkes Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty, menerangkan jumlah keseluruhan korban kecelakaan di Balikpapan ada 31 korban. Seluruh korban dirawat di lima rumah sakit di Balikpapan.

"Total ada 31, 13 korban dirawat di RS Kanudjoso Djatiwibowo, 11 korban di RS Restu Ibu, 3 korban di RSUD Beriman Balikpapan, 2 korban di RS Tentara, dan 2 korban di RS Pertamina Balikpapan," kata Sri.

Mengenai kondisi seluruhnya, Sri menyebut rata-rata para korban mengalami luka di bagian kepala dan bagian tulang rusuk akibat benturan.

"Saat ini ada lima yang sudah boleh pulang atau rawat jalan. Sisanya masih menjalani perawatan di masing-masing rumah sakit," tutup Sri.

Lihat Video: Update Jumlah Korban Kecelakaan di Balikpapan: 4 Tewas 30 Orang Terluka

[Gambas:Video 20detik]



(zap/zap)