Video 20Detik

Melihat Manuver Truk Maut Balikpapan, Sudah di Kiri Geser ke Kanan!

Nugroho Tri Laksono, detikTV - detikNews
Sabtu, 22 Jan 2022 07:47 WIB
Jakarta -

Tabrakan maut sopir truk tronton di Balikpapan menyisakan tragedi. Aksi sopir yang tidak membanting setir menjadi awal mula terjadinya tabrakan maut yang menewaskan 4 orang.

kecelakaan maut yang terjadi pada Jumat 21 Januari 2022 pagi ini terekam CCTV. Banyak pihak yang menyebut seharusnya sopir truk membanting stirnya sesaat sebelum kecelakaan terjadi.

Jika dilihat dalam rekaman CCTV yang beredar, di situ terlihat sejumlah kendaraan berhenti di lajur kanan saat lampu lalu lintas merah. Sementara itu, kendaraan yang berada di lajur kiri bisa jalan terus.

Truk maut itu kemudian terlihat di rekaman dengan posisi kendaraan ada di bagian kiri jalan. Truk terlihat sudah mulai tak stabil dan malah bergerak ke kanan menjadi awal mula terjadinya tabrakan maut hingga menewaskan 4 orang.

Banyak pihak yang menyayangkan keputusan yang diambil sopir truk ini, padahal Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Sumana menilai, saat sopir dihadapkan dalam kondisi darurat, seharusnya ia memilih opsi yang bisa meminimalkan risiko.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Kalimantan Timur, Kombes Pol Yusuf Sutejo, memberikan analisis umum terhadap sopir truk yang menyebabkan kecelakaan maut di Balikpapan. Dan yang pasti, polisi akan melakukan pemeriksaan psikologis mendalam terhadap sopir yang telah ditetapkan menjadi tersangka.

"Kondisi urgensi seperti itu mungkin manusia tidak dapat berpikir dengan cerdas. Karena itu kan waktunya hitungan detik kan gitu. Jadi kondisi dia sudah menghindar ke kiri, menghindar ke kanan, dia sendirian kondisi di situ, ya ini analisa dari umum aja ya. Jadi kita tidak bisa berandai-andai. Nanti pemeriksaan yang autentik melalui analisa traffic accident analysis nanti kita baru bisa tentukan apa penyebab utama penyebab faktor utama dari kecelakaan tersebut" ujar Yusuf.

(/)