Perajin UMKM di Sidoarjo Deklarasikan Gus Muhaimin Jadi Capres 2024

Herianto Batubara - detikNews
Sabtu, 22 Jan 2022 16:06 WIB
Deklarasi dukungan dari pengrajin dan pengsaha UMKM Intako se-Sidoarjo
Deklarasi dukungan dari perajin dan pengsaha UMKM Intako se-Sidoarjo (Foto: dok. Istimewa)
Sidoarjo -

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar kembali dapat mandat dukungan untuk maju pada Pilpres 2024. Dukungan itu kali ini diserukan perajin dan pengusaha UMKM Industri Tas dan Koper (Intako) se-Sidoarjo.

Agenda dukungan oleh perajin dan pengusaha UMKM Intako se-Sidoarjo ini digelar di Tanggulangin, Sabtu (22/1/2022).

"Kami selaku UMKM se-Sidoarjo menyatakan dukungan kepada bapak Abdul Muhaimin Iskandar agar maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2024," kata perwakilan UMKM Sidoarjo, Imron.

Imron lantas menjelaskan sejumlah alasan di balik dukungan itu. Menurutnya, Gus Muhaimin adalah sosok yang memiliki komitmen kuat menggerakkan roda UMKM menjadi salah satu pilar kuat ekonomi nasional.

"Kami berkeyakinan Gus Muhaimin secara khusus akan membangkitkan kejayaan UMKM di Sidoarjo, utamanya industri kulit Tanggulangin," kata Imron.

Sebagai simbol dukungan, perwakilan UMKM se-Sidoarjo menyematkan jaket kulit berwarna hijau kepada Gus Muhaimin. Jaket berlogo PKB itu adalah produk asli perajin Intako.

Yel-yel bernada dukungan dan seruan memenangkan Gus Muhaimin menjadi presiden 2024 pun terus menggema sepanjang deklarasi berlangsung. Mereka optimistis Indonesia bakal menjadi lebih baik di bawah kepemimpinan Gus Muhaimin.

Gus Muhaimin menyambut baik dan merasa terhormat atas dukungan UMKM. Menurutnya, dukungan itu sangat penting karena sesuai dengan visi dan misinya menjadikan UMKM sebagai kekuatan ekonomi yang menjadi penopang utama di tengah serangan pandemi COVID-19.

"Saya merasa terhormat dan memiliki mandat yang sungguh-sungguh, apalagi ini mengingatkan bahwa visi dan misi kita ke depan mau tidak mau UMKM harus menjadi kekuatan ekonomi nasional," kata Gus Muhaimin.

Menurut Gus Muhaimin, dukungan tersebut bukan hanya terkait dengan suksesi dia menjadi presiden 2024, tapi dia juga ingin membuktikan bahwa UMKM di Indonesia mampu berjaya dan menjadi garda depan penyelamat ekonomi bangsa.

"Dukungan sampean sedoyo (Anda semua) tadi itu bukan soal menjadi presidennya, tetapi bahwa kita harus mampu membuktikan bahwa UMKM kita berjaya di Tanah Air. Insyaallah kita akan bangkit lagi setelah pandemi. Tidak boleh sedih, tidak boleh patah semangat, kita harus optimis dan bahu-membahu," kata Gus Muhaimin.

(hri/jbr)