PSI Bicara soal Firaun Disinggung Giring Saat Temui Warga Tergusur Dekat JIS

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Sabtu, 22 Jan 2022 14:38 WIB
Giring Ganesha (dok. Twitter Giring).
Giring Ganesha (dok. Twitter Giring)
Jakarta -

Kunjungan Ketua Umum (Ketum) PSI Giring Ganesha ke warga korban gusuran di sekitar Jakarta International Stadium (JIS) sambil menyinggung pernyataan proyek buatan Firaun menuai sindiran. PSI membela Giring seraya bicara sosok Firaun yang mendirikan bangunan megah dengan mengorbankan nasib orang.

"Tujuannya (Giring) sederhana: aksi sosial, mendengarkan suara masyarakat sekaligus menghibur mereka. PSI memang sudah beberapa kali membagikan sembako di daerah (gusuran JIS) tersebut karena daerah itu memang wilayah yang sangat padat penduduk. Di satu RW saja ada 15 ribu KK," kata jubir PSI Sigit Widodo kepada wartawan, Sabtu (22/1/2022).

Sigit Widodo, yang ikut dengan Giring ke wilayah gusuran JIS, mengatakan pada Rabu (18/1), PSI mendapat info wilayah tersebut terkena banjir, sehingga Direktorat Sosial PSI mengunjungi lokasi tersebut.

"Kebetulan ada donatur yang mau memberi beberapa ratus paket sembako dan Direktorat Sosial memang sedang punya program berbagi seribu pasang sepatu. Sebelumnya, kami membagi ratusan sepatu di Jakarta Barat dan Bekasi," ujarnya.

"Saat menyampaikan rencana kegiatan ini, Bro Giring langsung antusias. Bro Giring memang selalu antusias jika ada kegiatan untuk masyarakat, seperti vaksinasi atau pembagian sembako," sambungnya.

Sigit Widodo menjelaskan, saat itu Direktur Sosial Hariyanto Arbi sedang berhalangan ikut sehingga Giring datang bersama Wakil Direktur Sosial Norman Lianto. Giring bersama warga gusuran JIS pun bernyanyi saat momen kunjungan tersebut.

"Di sana warga menyambut antusias, bahkan Bro Giring diminta warga untuk bernyanyi di dua tempat yang berbeda. Jadi, selain membagi sembako dan sepatu, juga menghibur masyarakat sekitar. Anak-anak di sana senang sekali dan ikut bernyanyi," ucapnya.

PSI pun memberi penjelasan soal sosok Firaun yang disinggung Giring setelah mengunjungi wilayah gusuran JIS. Sosok Firaun itu adalah yang mengorbankan nasib orang serta merendahkan pengkritik.

"Soal Firaun, kami rasa kita semua tidak suka dengan sosok Firaun. Sosok yang sombong karena bisa membangun banyak bangunan megah dengan mengorbankan nasib banyak orang dan merendahkan pihak yang mengkritik, bahkan sekadar bertanya," sebut Sigit.

"Ketum kami rasanya ingin mengingatkan semua orang agar tidak bertingkah laku seperti Firaun," imbuhnya.

Simak Video: Serangan Balik PSI Usai Disindir Anies Sidak Formula E Kurang Kerjaan

[Gambas:Video 20detik]