Viral Arteria Dahlan Ngomong Ujug-ujug Saat Rapat, Disindir Urang Sunda

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 22 Jan 2022 12:56 WIB
Politikus PDIP Arteria Dahlan
Arteria Dahlan (dok. DPR)
Jakarta -

Pernyataan anggota Komisi III DPR RI, Arteria Dahlan, meminta kepala kejaksaan tinggi diganti karena bicara bahasa Sunda dalam rapat masih berbuntut panjang. Arteria Dahlan bicara ujug-ujug viral di media sosial dan disindir oleh budayawan Jawa Barat, Budi Dalton.

Salah satu video viral yang dilihat, Sabtu (22/1/2022), berisi momen saat Arteria Dahlan sedang mengikuti rapat dalam gedung MPR/DPR RI. Dalam video itu, Arteria Dahlan mengucapkan kata 'ujug-ujug'.

"Nggak dateng, Pak. Nggak mau. Ujug-ujug," ujar Artaria.

Masih dalam video viral yang sama, budayawan Jawa Barat, Budi Dalton, 'menyentil' Arteria Dahlan yang meminta kepala kejaksaan tinggi diganti karena berbahasa Sunda. Padahal, kata Budi Dalton, 'ujug-ujug' merupakan bahasa Sunda.

"Euh, katanya rapat kerja nggak boleh pakai bahasa Sunda. 'Ujug-ujug' teh bahasa Sunda," ujar Budi Dalton.

Budi Dalton kemudian memanggil rekannya dalam video untuk menjelaskan bahwa 'ujug-ujug' merupakan bahasa Sunda. Jika dilihat pada aplikasi KBBI V, ujug-ujug merupakan bahasa Sunda yang artinya tiba-tiba.

"Tuh kan, ujug-ujug teh bahasa Sunda. Kalau orang Sunda rapat kerja pakai bahasa Sunda, nggak boleh. Kalau bukan orang Sunda pakai bahasa Sunda boleh," ucap Budi Dalton disambut tawa rekannya dalam video viral.

Video viral lainnya juga menunjukkan Arteria Dahlan bicara ujug-ujug dengan penjelasan bahwa ujug-ujug bahasa Sunda. Dalam video itu juga berisi Presiden Jokowi berbahasa Sunda saat bertemu warga dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berbahasa Sunda dalam forum internasional.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Simak juga Video: PDIP Jabar Tak Resah Jika #SundaTanpaPDIP Bisa Pengaruhi Suara di 2024

[Gambas:Video 20detik]