Kompolnas Sebut Arteria Bisa Punya Pelat Polisi atas Pertimbangan Pejabat Polri

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 19:12 WIB
Mobil Arteria Dahlan mejeng di gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat. Bagaimana sederet fakta mobil Arteria Dahlan yang punya pelat sama?
Pelat nomor dinas Polri yang terpasang di mobil Arteria Dahlan (Foto: dok. istimewa)
Jakarta -

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) berbicara mengenai anggota Komisi III DPR Fraksi PDIP, Arteria Dahlan, yang memiliki pelat dinas Polri. Kompolnas menyebut Arteria Dahlan bisa saja memiliki pelat dinas polisi dengan pertimbangan pejabat Polri.

"Atas pertimbangan pejabat Polri sesuai perkap tersebut," ujar komisioner Kompolnas Irjen (Purn) Pudji Hartanto saat dimintai konfirmasi, Jumat (21/1/2022). Pudji menjawab pertanyaan apakah anggota DPR seperti Arteria Dahlan bisa memiliki pelat Polri selama dia mengajukan.

Perkap yang Pudji maksud adalah Perkap Nomor 9 Tahun 2019 tentang Penerbitan STNK dan TNKB Dinas Polri. Perkap diteken oleh Kapolri Jenderal Idham Azis pada 5 Desember 2019.

Mantan Kakorlantas ini mengatakan pelat dinas polisi dikeluarkan oleh Slog Polri.

"Pelat dinas polisi yang mengeluarkan Slog Polri," ucapnya.

Pudji menjelaskan pejabat tertentu bisa mengajukan pelat dinas polisi secara resmi kepada Polri. Nantinya pengajuan itu akan diproses oleh Slog Polri.

"Untuk pejabat tertentu, prosesnya pengajuan resmi dari instansi (lembaga pemerintah sesuai prosedur serta permohonan resmi oleh pejabat setingkat eselon 1 dan diproses oleh Slog Polri) dengan prosedur melampirkan STNK, BPKB, dan cek fisik ranmor guna pemeriksaan," papar Pudji.

Pudji mengatakan prosedur itu hanya berlaku untuk satu kendaraan bermotor (ranmor). "Ini prosedurnya dan berlaku untuk satu ranmor," imbuhnya.

Dalam perkap yang dilampirkan Pudji, tampak ada persyaratan penerbitan surat tanda nomor kendaraan bermotor dinas (STNK-BD) Polri dan tanda nomor kendaraan bermotor dinas (TNK-BD) Polri. Penerbitan itu diajukan kepada Asisten Kapolri bidang Logistik (Aslog) atau Kepala Biro Logistik Polda pada tingkat kewilayahan.

Mabes Polri sudah buka suara mengenai pelat dinas polisi Arteria ini. Polri mengungkap peruntukan nopol Arteria yang sebenarnya.

Pelat nomor kendaraan organik kepolisian yang terpasang di kelima mobil Arteria bernomor 4196-07. Polri mengatakan pelat nomor kendaraan organik 4196-07 tercatat untuk mobil Mitsubishi Pajero Sport Dakar. Dalam data Slog Polri, pelat nomor tersebut memang untuk Arteria Dahlan.

"Berdasarkan hasil pendataan di Bag Invent Biro Pal Slog Polri untuk No. Pol 4196-07 diperuntukkan Mitsubishi Pajero Sport Dakar dengan atas nama pemilik H.Arteri Dahlan, S.T., S.H., M.H/ DPR RI," terang Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan saat dihubungi detikcom, Rabu (19/1).

Artinya, pelat nomor organik kepolisian itu hanya untuk satu mobil. Untuk diketahui, Arteria memasang pelat nomor tersebut ke lima mobilnya, dan tak ada Mitsubishi Pajero Sport Dakar di antara kelima mobil yang dia parkirkan itu.

Berikut lima mobil Arteria yang dipasangi pelat nomor organik kepolisian 4196-07:

1. Toyota Vellfire hitam berstiker arteriadahlanlawyers.co.id
2. Mitsubishi Grandis hitam berstiker arteriadahlanlawyers.co.id
3. Toyota Fortuner putih berstiker arteriadahlanlawyers.co.id
4. Nissan Grand Livina merah berstiker arteriadahlanlawyers.co.id
5. Toyota Innova silver tanpa stiker

Simak video 'Wakil Ketua DPR: Hargai Kearifan Lokal Biar Tak Terjadi Kegaduhan':

[Gambas:Video 20detik]



(drg/fjp)