Tak Ada Korban, Begini Awal Mula Kebakaran di AEON Mall Sentul City

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 18:21 WIB
Suasana Aeon Mall Sentul City pasca kebakaran
Suasana AEON Mall Sentul City pascakebakaran (Rizky Adha Mahendra/detikcom)
Bogor -

Kebakaran terjadi di AEON Mall Sentul City, Bogor, Jawa Barat (Jabar). Tidak ada korban dalam peristiwa tersebut.

"Korban tidak ada, karena pas kejadian semua orang langsung ke luar ruangan. Diarahkan oleh sekuriti yang di sini," kata Danru Regu 3 Damkar Citeureup Kabupaten Bogor, Ahmad Sarifudin, kepada wartawan, Jumat (21/1/2022).

Awal mula kebakaran terjadi di ruang panel, diduga lantaran mesin terlalu panas. Namun, karena ruangan tersebut tertutup, api tidak sempat merambat ke ruangan lain.

"Asap tuh awal mulanya terlihat dari ruang panel. Kemungkinan ada overheat mesin, jadi api langsung membakar kabel-kabel di ruangan itu. Tapi, karena ruangan tertutup, api tidak menjalar ke ruangan lain," lanjutnya.

Saat tiba di lokasi, petugas Damkar langsung memadamkan api. Dibutuhkan waktu 15 menit untuk melakukannya.

"Cuma 15 menit, lamanya kita menyambung selang ke atas," tuturnya.

Ahmad mengatakan, saat petugas datang, api tidak terlalu besar. Namun, jika didiamkan, dikhawatirkan api akan merambat ke ruangan lain.

"Api nggak terlalu besar ya. Cuma kalau memang itu (didiamkan), bisa makin merambat ke kabel-kabel yang lain. Berhubung ruangan tertutup, jadi dia lambat untuk merambatnya," terang Ahmad.

Sebelumnya, kebakaran melanda Mall AEON Sentul City di Bogor, Jawa Barat. Terkini, api telah dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran (damkar).

"Sekarang sudah aman terkendali. Sudah pendinginan, api sudah dapat dipadamkan," ujar Kepala Damkar Sektor Cibinong M Wahyu Malik saat dihubungi, Jumat (21/1/2022).

Wahyu menyebut api dapat dijinakkan sekitar pukul 15.50 WIB. Api disebut berasal dari ruangan panel listrik Mal AEON Sentul City.

(yld/yld)