4 Warga Mampang Jaksel Positif Omicron

Nahda Rizky Utami - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 15:53 WIB
Omicron Variant on test tube - New Variant of Covid 19
Ilustrasi COVID-19 varian Omicron (Foto: Getty Images/iStockphoto/DMEPhotography)
Jakarta -

Kasus COVID-19 varian Omicron kembali terdeteksi di Jakarta. Sebanyak empat warga Mampang Prapatan, Jakarta Selatan (Jaksel), positif COVID-19 varian Omicron.

"Di Mampang ada empat (kasus) Omicron," kata Camat Mampang Prapatan Djaharuddin kepada wartawan, Jumat (21/1/2022).

"Ada, ada (ada empat warga Mampang Prapatan yang positif Omicron)," tambahnya.

Temuan empat warga Mampang Prapatan yang positif Omicron itu berdasarkan data yang diterima pada Kamis (20/1) kemarin.

"Saya baru dapat kemarin datanya," ucap Djaharuddin.

Djaharuddin belum dapat memastikan penyebab keempat warganya yang positif Omicron tertular setelah perjalanan dari luar negeri atau tertular melalui transmisi lokal. Dia juga belum mau menyebutkan keempat warganya berasal dari kelurahan mana saja.

"Saya kan hanya bicara data ya, saya belum konfirmasi ke puskes apakah ini dari luar negeri atau gimana," jelas Djaharuddin.

Warga Diimbau Tak ke Luar Negeri

Diketahui sebelumnya, kasus COVID-19 varian Omicron di Jakarta terus meningkat. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta masyarakat mematuhi imbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak bepergian ke luar rumah jika tidak penting.

"Sudah disampaikan Pak Luhut, Pak Jokowi, Pak BNPB, Pak Gubernur, semua memang ada peningkatan sampai dengan pertengahan, bahkan di Maret puncaknya. Kita hadapi ini semua dengan cara satu tetap berdiam diri di rumah," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Kamis (20/1).

"Pak Jokowi berkali-kali tidak perlu ke luar rumah kecuali yang sangat penting dan genting itu agar dipatuhi," sambung dia.

Riza juga meminta agar penerapan protokol kesehatan diperketat agar penularan COVID-19, termasuk Omicron di Jakarta dapat dicegah. Masyarakat yang belum suntik vaksin COVID-19 diharapkan segera divaksinasi.

Dia mengatakan Pemprov DKI menyoroti melonjaknya varian Omicron di Jakarta. Dia menyampaikan Pemprov DKI tidak membiarkan dan menganggap remeh meningkatnya varian Omicron.

Kondisi COVID-19 di DKI

Kasus varian Omicron di DKI Jakarta terus mengalami peningkatan. Total hingga saat ini tercatat sebanyak 1.027 kasus, didominasi kasus impor.

"Dari 1.027 orang yang terinfeksi, sebanyak 747 orang adalah pelaku perjalanan luar negeri, sedangkan 280 lainnya adalah transmisi lokal," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia, dalam siaran pers Pemprov DKI, Kamis (21/1/2022).

Sementara itu, jumlah kasus aktif mengalami penambahan sebanyak 718 kasus, sehingga total mencapai 5.642 kasus. Sebanyak 3.580 kasus atau 63,4 persen merupakan transmisi lokal.

(jbr/jbr)