Alasan Rumpin Dapat Skor Teratas Bakal Calon Ibu Kota Bogor Barat

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 22:11 WIB
Bupati Bogor Ade Yasin
Bupati Bogor Ade Yasin (Sachril/detikcom)
Bogor -

Kecamatan Rumpin menduduki peringkat teratas skor bakal ibu kota Bogor Barat. Bupati Bogor Ade Yasin menjelaskan salah satu penyebab Rumpin tepat menjadi ibu kota Bogor Barat.

Menurut Ade, aksesibilitas akses wilayah menjadi salah satu faktornya. Meski demikian, dia harus tetap menunggu hasil kajian tim ahli.

"Karena dekat dengan tol, dekat dengan akses ke mana-mana dapat membuka beberapa wilayah itu paling memungkinkan. Tapi kita kembali pada hasil kajian mana yang lebih menguntungkan," ujar Bupati Bogor Ade Yasin kepada wartawan, Kamis (20/1/2022).

Nama Cigudeg semula santer terdengar bakal menjadi ibu kota Bogor Barat. Kemungkinan itu masih ada. Hanya, berdasarkan skor penilaian, Rumpin dan Leuwiliang berada di posisi teratas.

"Kemungkinan iya, iya masih ada," lanjutnya.

Pemkab belum bisa menentukan waktu untuk memutuskan ibu kota Bogor Barat. Sebab, harus menunggu hasil kajian dari tim ahli.

Sebelumnya, Pemkab Bogor bersama sejumlah pihak terkait menggelar rapat untuk membahas hasil kajian wilayah calon ibu kota Bogor Barat. Hasilnya, ditetapkan Kecamatan Leuwiliang dan Rumpin memiliki skor paling tinggi.

Secara skor, Rumpin lebih unggul dibanding Leuwiliang. Meski demikian, kedua wilayah tersebut juga akan terintegrasi karena berbatasan secara langsung.

"Dari kesimpulan mereka, Rumpin," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanuddin, Kamis (20/1).

(aud/aud)