Polda Metro Sebut Tak Ada Laporan Balap Liar Usai Street Race Digelar

M Hanafi Aryan - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 18:26 WIB
Jakarta -

Polda Metro Jaya menyebut tidak ada laporan balap liar di jalanan setelah street race digelar. Dengan adanya street race diharapkan balap liar hilang.

"Setidaknya mulai Desember sampai Januari 2022 kami belum ada laporan lagi balapan liar di jalanan," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo pada wartawan, Rabu (19/1/2022).

Dia juga mengatakan titik rawan balap liar tidak ditemukan lagi sejak adanya street race. Menurutnya, kegiatan balapan liar di wilayah Polda Metro Jaya berkurang, sehingga laporan yang diterima kepolisian menyusut.

"Di lokasi yang selama ini kami tengarai ada balapan liar sepertinya juga sudah agak jauh menurun," sambungnya.

Dia berharap adanya street race Polda Metro Jaya ini dapat mencegah balap liar di jalanan. Sebab, balapan tersebut dapat mengganggu masyarakat.

"Kalau ini jalan terus, insyaallah balap liar bisa kita hilangkan," tambahnya.

Seperti diketahui, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Fadil Imran berencana mengajak para pembalap liar di wilayah Polda Metro Jaya untuk mengikuti balap legal atau street race Polda Metro Jaya.

"Di Jakarta insyaallah saya akan buat program untuk menggandeng anak-anak muda yang biasa balapan di jalan," sebut Fadil Imran di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (30/11/2021).

Polda Metro berencana mengadakan kegiatan balap bulanan bagi pelaku balap liar jalanan yang kerap beraksi. Nantinya, Polda Metro akan menyiapkan lokasi balap liar legal.

"Kita buat semacam sirkuit dengan event bulanan. Jadi tidak perlu dia malam-malam. Kalau perlu kita buat sirkuit malam atau siang. Ditlantas sedang memikirkan di mana lokasinya, " lanjutnya.

Street race telah digelar pada Minggu (16/1) di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Street race dihadiri sejumlah komunitas motor.

(mea/mea)