Akhir Drama Rapat Risma di DPR Saat Anak Buah Diusir Gegara Chat WA

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 07:09 WIB
Gedung DPR/MPR
Gedung DPR (Foto: dok. detikcom)
Jakarta -

Ibarat film di bioskop, drama pengusiran Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial (Sekjen Kemensos) Harry Hikmat dari rapat Komisi VIII DPR RI berakhir dalam hitungan jam. Meski demikian, drama pengusiran anak buah Mensos Risma itu tetap menarik perhatian.

Pangkal masalahnya lantaran chat WhatsApp (WA) Sekjen Kemensos kepada Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily. Pesan Harry kepada Ace dinilai tak pantas hingga membuatnya diusir oleh pimpinan dan anggota Komisi VIII dari rapat.

Persoalan antara Sekjen Kemensos dengan Ace terungkap dalam rapat kerja yang digelar di ruang Komisi VIII DPR di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/1/2022). Sedari awal rapat dibuka, chat Sekjen Kemensos kepada pimpinan Komisi Sosial, Haji, dan Umrah itu menjadi topik yang pertama dibahas.

Setidaknya ada empat anggota Komisi VIII yang menyinggung perihal komunikasi buruk Sekjen Kemensos. Yang paling 'keras' adalah Muhammad Ali Ridha. Drama dimulai.

Ali memberikan dua pilihan yang dianggap sukar dipilih. Dua pilihan yang diberikan kolega Ace di Fraksi Partai Golkar itu adalah dia yang keluar dari ruang rapat atau Sekjen Kemensos yang keluar.

"Agar tidak membuang waktu, saya usulkan bahwa kalau rapat ini akan dilanjutkan, saya minta Saudara Sekjen untuk meninggalkan ruangan ini. Atau, kalau rapat ini masih akan dilanjutkan dengan keberadaan Pak Sekjen, saya yang akan keluar dari ruangan ini," tegas Ali dalam interupsinya di rapat Komisi VIII dengan Kemensos itu, Rabu (19/1/2022).

Sampai pada momen di atas, belum terungkap seperti apa sebetulnya chat Sekjen Kemensos yang dinilai tak pantas. Hingga kemudian pimpinan rapat, yaitu Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto, mengambil alih 'panggung', dengan memberikan kesempatan kepada Mensos Risma untuk berbicara.

"Ibu Menteri, ini kita sudah hampir 1 jam membicarakan ini dan nadanya sama Bu ya. Saya kira Pak Sekjen, biar ini tak berlarut-larut, kalau saya setop, pasti semua interupsi lagi. Karena itu, atas izin Menteri, mungkin untuk rapat kali ini meninggalkan ruang rapat dulu Bu, atau ada komentar dari Ibu Menteri," kata Yandri.

Drama pun berlanjut. Simak di halaman selanjutnya.

Lihat Video: Drama DPR Usir 'Tamu' Rapat: Dari Komnas Perempuan Hingga Anak Buah Risma

[Gambas:Video 20detik]