Risma Ngaku Tak Tahu Isi WA Sekjen Kemensos ke Ace yang Berujung Pengusiran

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 14:13 WIB
Mensos Tri Rismaharini
Mensos Tri Rismaharini (Alfons/detikcom)
Jakarta -

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengaku tidak tahu persoalan terkait Sekjen Kemensos Harry Hikmat hingga diusir oleh Komisi VIII DPR RI. Risma menyebut tidak tahu isi pesan yang dikirimkan Harry kepada para anggota Komisi VIII DPR, khususnya Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily hingga berujung pengusiran.

"Aku juga nggak tahu (soal apa), aku juga nggak tahu (isi WhatsApp Sekjen) tuh, ndak tahu serius aku ndak tahu," kata Risma kepada wartawan selepas rapat kerja bersama Komisi VIII DPR, di gedung DPR/MPR, Jakarta, Rabu (19/1/2022).

Meski tidak tahu-menahu, Risma menyebut harus tetap meminta maaf atas nama sekjen-nya. Dia menyebut jika salah memang harus minta maaf.

"Ndak apa-apa ya. Ya memang kalau kita salah, ya harus minta maaf gitu ya," ucapnya.

Lebih lanjut, Risma juga menjelaskan alasannya meminta maaf. Dia beralasan jika ada bawahannya yang salah, dia sebagai pimpinan di kementerianlah yang salah.

"Nggak (gini) saya adalah pemimpinnya, saya selalu sampaikan bahwa tidak ada salah kopral, yang ada salah jenderal. Nah aku jenderalnya di situ, jadi akulah yang minta maaf," ujarnya.

Sekjen Kemensos Diusir Komisi VIII DPR

Untuk diketahui, Komisi VIII DPR RI mengusir Sekjen Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat dari rapat pembahasan anggaran yang digelar hari ini. Pangkal masalahnya, ada komunikasi Sekjen Kemensos kepada Wakil Ketua Komisi VIII Ace Hasan Syadzily yang dinilai tidak pantas.

Komisi VIII DPR hari ini menggelar rapat pembahasan anggaran Kemensos 2022 di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta. Pada awal-awal rapat, anggota Komisi VIII sudah membahas komunikasi buruk Harry kepada Ace.

Seperti disampaikan anggota Komisi VIII dari Fraksi PAN Muhammad Rizal. Dia menyayangkan pola komunikasi baik Mensos Tri Rismaharini (Risma) tak diikuti jajarannya, terutama Sekjen Kemensos.

"Tapi ini berkaitan dengan tugas secara struktural yang ada di Kementerian Ibu. Kami menilai Ibu sangat bagus, tapi di bawah ini mungkin, termasuk tadi informasi dari kawan-kawan, termasuk komunikasi yang kurang bagus, terutama misalnya Pak Sekjen terhadap anggota kita," kata Rizal saat interupsi.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan Video 'Sekjen Kemensos Diusir, Risma Rela Bersimpuh Ke Pimpinan Komisi VIII':

[Gambas:Video 20detik]