Taman Hiburan Malam di Bogor Buka Segel yang Dipasang Bima Arya Tanpa Izin

M Sholihin - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 05:37 WIB
Bima Arya Segel Tempat Hiburan Malam di Bogor
Bima Arya Segel Tempat Hiburan Malam di Bogor (Foto: M Sholihin/detikcom)
Bogor -

Tempat Hiburan Malam (THM) di Jalan Raya Pajajaran, Bogor Timur, Kota Bogor yang sempat disegel langsung oleh Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto tiga hari lalu, dibuka tanpa izin. Hal itu diungkap Bima Arya melalui akun instagramnya @bimaaryasugiarto. Ia meminta Satpol PP bertindak.

"Sore tadi dilaporkan THM 'Z' yang sudah disegel oleh Pemkot karena pelanggaran keamanan dan ketertiban, jam operasional dan penjualan miras pada Senin 17 Januari 2022 lalu, telah dibuka tanpa izin," tulis Bima dalam akun instagramnya @Bimaaryasugiarto seperti dilihat detikcom, Rabu (18/1/2022).

Dalam postingannya itu, nampak rekaman video Satpol PP Kota Bogor mendatangi THM yang dimaksud Bima. Di awal tayangan, nampak segel yang dipasang langsung oleh Bima Arya pada Senin (17/1/2022) lalu telah terbuka. Video kemudian menayangkan suasana di dalam ruangan dan nampak beberapa pria yang sedang mengobrol di salah satu sofa pengunjung.

"Saya minta Kasatpol PP (menyebut nama akun) segera periksa di lokasi dan lakukan langkah sesuai aturan," tulisnya lagi.

Kasat Satpol PP Kota Bogor Agustian Syach membenarkan apa yang diposting Bima Arya dalam akun instagramnya. Menurutnya, THM Zentrum kini sudah kembali disegel. Bahkan gedung THM itu kini dipasangi garis pembatas.

"Awalnya ada aduan dan laporan bawa segel yang kami pasang di (THM) Zentrum pada Hari Senin kemarin, itu dibuka oleh si pemilik tanpa ada izin. Kita lakukan pengecekan, ternyata memang betul," kata Agustian Syach dikonfirmasi terpisah, Rabu (19/1/2022).

Saya masuk ke lokasi, didapati ada kurang lebih 15 karyawan di dalam sedang melakukan aktivitas, sedang ngopi sedang ngobrol dan lain-lainnya, sehingga kami suruh mereka keluar kembali," imbuhnya.

Agustian menegaskan, tindakan pembukaan segel tanpa izin merupakan pelanggaran pidana. Ia akan berkonsultasi dengan Wali Kota Bogor Bima Arya terkait apakah akan dilaporkan ke polisi atau tidak.

"Kami pastikan bahwa ini suatu pelanggaran terhadap KUHAP 232 tentang pembukaan segel. Kami akan konsultasi dengan pimpinan, karena ini ranahnya ranah pidana, apakah akan kita laporkan ke polisi atau tidak. Ini di (lembar) segel itu kan tertulis dilarang membuka," kata Agustian Syach.

Diberitakan sebelumnya, Wali Kota Bogor Bima Arya bersama TNI, Polri dan Satpol PP Kota Bogor merazia Tempat Hiburan Malam (THM) Zentrum yang berlokasi di Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Senin (17/1/2022) malam.

Dianggap melanggar ketertiban umum karena sempat jadi lokasi keributan dan melanggar jam operasi, THM Zentrum kemudian disegel petugas.

"Zentrum kita segel malam ini karena 3 pelanggaran. Pertama pelanggaran terhadap keamanan dan ketertiban umum, karena ada kasus keributan kemarin. Kedua, pelanggaran karena tidak memiliki izin menjual minuman beralkohol diatas 5 persen, tadi kami banyak menemukan minuman sampai kadarnya 40 persen, tidak ada izinnya," kata Bima usai razia THM, Senin (18/1/2022) dinihari.

"Ketiga, melanggar jam operasional, jadi ada bukti (THM Zentruum) baru berhenti operasi di atas jam 2 pagi," tambah Bima.

Lihat juga Video: Antisipasi Omicron, PKL di Kota Bandung Diimbau Patuhi Prokes

[Gambas:Video 20detik]



(eva/eva)