detikcom Do Your Magic

Rusun Ini Sulit Air Bersih, Gerindra Ingat 'Maju Kotanya, Bahagia Warganya'

Marteen Ronaldo Pakpahan - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 21:24 WIB
Rusunami City Garden, Cengkareng, Jakarta Barat, 19 Januari 2022. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)
Rusunami City Garden, Cengkareng, Jakarta Barat, 19 Januari 2022. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)
Jakarta -

Anggota DPRD DKI Jakarta menanggapi persoalan air bersih yang dialami warga Rusunami City Garden, Cengkareng, Jakarta Barat. Wakil rakyat dari Partai Gerindra ini mengungkap laporan masalah seperti yang dialami warga Rusun City Garden sudah banyak masuk ke kotak surat anggota dewan.

"Kita juga sudah sering menerima laporan dari warga dan telah kita sampaikan dalam rapat bersama fraksi di DPRD," kata anggota Komisi D DPRD DKI, Abdul Ghoni, kepada detikcom, Rabu (19/1/2022).

Penasihat Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI ini menyatakan pihaknya bakal memperhatikan terus setiap keluhan yang datang ke telinga para wakil rakyat. Masalah air bersih memang menjadi problem di Jakata Utara dan Jakarta Barat.

"Itu menjadi prioritas kita, karena memang di sana masih kurang pasokan air bersih," kata dia.

Dia yakin Gubernur DKI Anies Baswedan juga memikirkan masalah air bersih warganya. Dia optimistis, Anies bakal memenuhi janji politiknya, yakni membahagiakan warga Jakarta.

"Permasalahan itu sudah masuk ke Pak Gubernur dan beliau memberikan perhatian khusus untuk warga di sana sesuai dengan janji politiknya 'Maju Kotanya, Bahagia Warganya'," kata Abdul Ghoni.

etua Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta Abdul Ghoni (Zhacky/detikcom)etua Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta Abdul Ghoni (Zhacky/detikcom)

Terkait mediasi yang tak kunjung dilaksanakan antara warga rusun, PAM Jaya, Palyja, pengelola rusun, dan pengembang rusun, Ghoni menyerahkan urusan itu pada pihak yang punya masalah. Dirinya pun bersama dengan anggota DPRD DKI Jakarta lainnya telah mewacanakan solusi untuk mengatasi persoalan yang berada di Rusunami City Garden.

"Ya kita sudah punya rencana untuk mengairkan wilayah Jakarta Utara dan Barat dengan menyedot air dari Kalimalang untuk mengalirkan air ke sana. Dan nantinya, Palyja sendiri akan membuat pipa air di kawasan Jakarta Utara dan Barat nantinya," paparnya.

Sementara itu terpisah, Anggota Komisi D DPRD DKI Fraksi PDIP, Yuke Yurike mengatakan bahwa permasalah air bersih di DKI Jakarta harus segera diselesaikan.

"Yang jelas kami akan coba cari tahu dan mediasi semua pihak. Yang terpenting semua seluruh warga DKI tanpa terkecuali harus bisa mendapatkan akses air bersih," terangnya.

Pemasangan pipa PAM bagi pemilik rusun swasta memang tidak gratis, namun Yuke Yurike menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada pihak Palyja. "Pam Jaya pada APBD kemarin diberikan pemerintah daerah dan DPRD minta untuk prioritaskan daerah-daerah yang belum tersalurkan air bersih khususnya rusun-rusun yang belum dapat air bersih," pungkas Yuke.

Simak juga video 'Di Balik Keunikan Dusun Janganmati, Sulit Air dan Sinyal':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/dnu)