Kemunculan Brigjen Tumilaar Bela Warga Bahas Sentul City di Senayan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 21:03 WIB
Inspektur Kodam (Irdam) XIII Merdeka, Sulawesi Utara
Brigjen Junior Tumilaar (Screenshoot 20detik)
Jakarta -

Brigjen Junior Tumilaar yang dulu membuat heboh lantaran bersurat ke Kapolri kini tampil lagi ke publik. Kali ini dia tidak sedang membela Bintara Pembina Desa (Babinsa), tapi membela warga Bojong Koneng yang bersengketa dengan Sentul City.

Brigjen Tumilaar sempat viral lantaran aksinya saat menjadi Inspektur Kodam (Irdam) XIII/Merdeka. Dia menulis surat ke Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tertanggal 15 September 2021. Dia meminta Babinsa tidak perlu diperiksa di Markas Polresta Manado.

Saat itu ada Babinsa yang mendampingi warga bernama Ari Tahiru (67). Dia menyebut Ari berhadapan dengan masalah konflik lahan di Sulawesi Utara. Dia mengatakan menaruh perhatian kepada Babinsa yang dipanggil ke kantor polisi. Maka dia bersurat ke Kapolri. Lewat peristiwa itu, Tumilaar kemudian viral.

Pada bulan pertama 2022 ini, Tumilar muncul di gedung DPR, Senayan, Jakarta. Dia ikut mendampingi warga Bojong Koneng, Bogor, Jawa Barat, yang bersengketa dengan PT Sentul City. Dia hadir mewakili warga.

"Saya adalah Brigjen TNI Junior Tumilaar diangkat warga Bojong koneng sebagai penasihat korban dari penggusuran PT Sentul City. Kami izin melaporkan terpanggil sebagai tentara rakyat," kata Brigjen Junior Tumilaar di ruang rapat Komisi III DPR, gedung DPR/MPR, Rabu (19/1/2022).

Lihat juga video 'Warga Bojong Koneng Duga Sentul City Lakukan Maladministrasi SHGB Tanah':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya, Brigjen Tumilaar soroti Sentul City.