JoMan Klaim Gelar Perkara dengan Polisi, Bahas Pasal untuk Ubedillah Badrun

M Hanafi Aryan - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 17:07 WIB
Kuasa hukum JoMan, Bambang Sri mendatangi Polda Metro Jaya
Kuasa hukum JoMan, Bambang Sri, mendatangi Polda Metro Jaya. (Hanafi/detikcom)
Jakarta -

Tim kuasa hukum Jokowi Mania (JoMan) menemui penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Metro Jaya. Kuasa hukum JoMan, Bambang Sri, menyebutkan kedatangannya kali ini untuk gelar perkara dengan penyidik terkait laporan terhadap Ubedillah Badrun.

"Hari ini kita gelar perkara dengan Kanit dan tim kita gelar perkara. Baik di Pasal 317, di Pasal 14, 15 UU Nomor 11 Tahun 1946. Di pasal-pasal lainnya semua kita gelar perkara terkait dengan perkara ini," kata Bambang Sri kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Rabu (19/1/2022).

Dia mengatakan kedatangannya bermaksud untuk memastikan pasal mana yang bisa disangkakan pada Ubedillah. Namun dia enggan menyebutkan pasal-pasal yang disangkakan.

"Unsur-unsur pasal mana saja yang masuk, terkait dengan berita bohong yang disampaikan. Itu rahasia kita dengan penyidik," sambungnya.

Tim kuasa hukum JoMan tiba di Polda Metro Jaya pada Rabu (19/1), pukul 13.00 WIB. Mereka juga dicecar pertanyaan sebanyak 9 item oleh penyidik.

"Dari jam 1 siang. Tadi bolak-balik bolak-balik sekitar 9," ujarnya.

Seperti diketahui, relawan JoMan resmi melaporkan dosen UNJ Ubedillah Badrun atas dugaan fitnah dan laporan palsu kepada Gibran Rakahuming dan Kaesang Pangarep.

"Hari ini tim hukum kami sudah ada menjelaskan beberapa pasal delik aduan terkait laporan palsu. Kita melaporkan Ubedillah Badrun di Pasal 317 KUHP. Dengan bunyinya 'barang siapa dengan sengaja mengajukan pengaduan atau pemberitahuan palsu kepada penguasa, baik secara tertulis maupun untuk dituliskan, tentang seseorang sehingga kehormatan atau nama baiknya terserang diancam karena melakukan pengaduan fitnah dengan pidana paling lama 4 tahun'," kata Ketua Umum JoMan Immanuel Ebenezer di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (14/1).

Relawan JoMan diketahui resmi melaporkan Ubedillah Badrun ke Polda Metro Jaya. Ubedillah Badrun dilaporkan atas dugaan fitnah kepada Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep.

Laporan itu telah terdaftar di Polda Metro Jaya. Laporan itu teregister dengan nomor LP/B/239/I/2022/SPKT/POLDA METRO JAYA, 14 Januari 2022.

(mea/fjp)