Ayu Thalia Jadi Tersangka, Sean Anak Ahok Berterima Kasih ke Polisi

M Hanafi - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 15:35 WIB
Jakarta -

Ayu Thalia ditetapkan sebagai tersangka atas laporan dugaan pencemaran nama baik yang dilayangkan oleh Nicholas Sean Purnama. Lalu, bagaimana tanggapan dari anak Ahok tersebut?

"Tadi sudah saya beritahu dan sudah saya sampaikan beliau berterima kasih dan meminta proses ini untuk terus dilanjutkan," kata pengacara Sean, Ahmad Ramzy, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (19/1/2022).

Ayu Thalia telah ditetapkan sebagai tersangka oleh polisi sejak pekan lalu. Menurut Ramzy, kliennya pun menutup ruang perdamaian dengan selebgram tersebut.

"Sampai saat ini belum ada pembicaraan tentang perdamaian," katanya.

Selain itu, Ramzy mengungkapkan kliennya menolak bertemu dengan Ayu Thalia. Ramzy mengatakan saat laporan dugaan penganiayaan yang dilayangkan Ayu Thalia kepada Sean di Polsek Penjaringan tidak terbukti, selebgram itu tidak pernah menyampaikan permintaan maaf.

"Karena sudah pernah di Polsek Penjaringan pernah dikonfrontir, dilakukan rekonstruksi, tidak ada permintaan maaf, bahkan tetap melanjutkan perkara di Polsek Penjaringan sampai akhirnya Polsek Penjaringan menghentikan penyidikan terhadap laporan yang dibuat AT," jelas Ramzy.


Ayu Thalia Jadi Tersangka

Polres Metro Jakarta Utara sebelumnya membenarkan status tersangka yang menjerat Ayu Thalia atas laporan pencemaran nama baik yang dilayangkan oleh Nicholas Sean Purnama. Ayu Thalia telah ditetapkan sejak pekan lalu.

"Iya benar sudah kita tetapkan (tersangka). Sudah kita panggil yang bersangkutan untuk panggilan tersangka," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara AKBP Dwi Prasetyo saat dihubungi, Rabu (19/1/2022).

Dwi mengatakan penetapan tersangka itu telah melalui prosedur yang sesuai. Pihaknya telah menemukan dua alat bukti dari hasil gelar perkara penetapan tersangka Ayu Thalia.

"Ya ada lah pasti sudah penuhi dua alat bukti kan cuman nggak bisa disampaikan ke media. Yang pasti itu sudah kita gelarkan. Sifatnya materi penyidikan alat pembuktian," terang Dwi.

Ayu Thalia dijerat di Pasal 310 dan atau 311 KUHP. Besok dia diperiksa sebagai tersangka.

"Kita layangkan surat panggilan tersangka hari Senin kemarin dan kita akan periksa hari Kamis di pekan ini," terang Dwi.

Perseteruan Sean Purnama dengan Ayu Thalia berawal dari laporan Ayu ke Polsek Penjaringan. Saat itu Ayu melaporkan Sean atas dugaan tindakan penganiayaan.

Tidak terima dianggap melakukan penganiayaan, pihak Sean melaporkan balik Ayu Thalia ke Polres Metro Jakarta Utara pada Selasa (31/8). Ayu Thalia dilaporkan atas dugaan tindakan pencemaran nama baik dan fitnah. Perempuan yang akrab disapa Thata Anma ini dilaporkan atas pelanggaran di Pasal 310 dan 311 KUHP.

Ayu Thalia sebelumnya sempat melaporkan Nicholas Sean Purnama ke Polsek Penjaringan atas dugaan penganiayaan. Namun laporan itu dihentikan penyidikannya usai tidak ditemukan bukti.

(ygs/mei)