Drama Ayu Thalia: Ngaku Dianiaya Anak Ahok, Kini Malah Jadi Tersangka

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 13:39 WIB
Jakarta -

Ayu Thalia menjadi tersangka kasus pencemaran nama baik yang dilaporkan oleh anak Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Nicholas Sean Purnama. Ayu terjerat kasus ini setelah melaporkan Sean atas dugaan penganiayaan.

Drama kasus ini bermula saat Sean dilaporkan oleh Ayu Thalia atas dugaan penganiayaan di sebuah showroom mobil. Namun kasus yang dilaporkan Ayu justru dihentikan. Ayu justru dilaporkan balik oleh Sean.

Dirangkum detikcom, Rabu (19/1/2022) berikut ini drama perjalanan kasus yang melibatkan Ayu dan Sean ini:

27 Agustus 2021: Anak Ahok Dilaporkan Ayu Thalia

Putra Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Nicholas Sean Purnama, dilaporkan ke polisi. Nicholas Sean dilaporkan atas dugaan penganiayaan oleh Ayu Thalia, yang juga dikenal sebagai Thata Anma.

Kapolsek Penjaringan Kompol Rinaldo Aser mengkonfirmasi adanya laporan atas Nicholas Sean ini. Dia menyebut Nicholas Sean dilaporkan atas dugaan penganiayaan.

"Iya, jadi ada laporan polisi 351, terlapor inisial NSP," kata Rinaldo saat dihubungi, Senin (30/8/2021).

Selembar laporan polisi itu diterima oleh detikcom, Senin (30/8/2021). Di dalam surat laporan itu, pelaku ditulis atas nama Nicholas Sean Tjahaja Purnama.

Tuduhan penganiayaan itu disebutkan terjadi pada Jumat, 27 Agustus 2021, pukul 19.17 WIB. Lokasi kejadian di sebuah showroom mobil di kawasan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara.

Ayu Thalia langsung pergi ke rumah sakit untuk berobat. Setelah itu, Ayu Thalia melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Penjaringan. Nicholas Sean Tjahaja Purnama pun disangkakan Pasal 351 KUHPidana.

"Selanjutnya saya berobat ke RS Atma Jaya dan kemudian saya melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Metro Penjaringan Jakut guna pengusutan lebih lanjut," tukasnya.

"Saya nggak bisa jawab, sori. Pada saatnya akan jawab," kata Ayu Thalia usai membuat laporan tersebut.

Ayu Thalia lalu dituding melakukan pansos atas laporan polisi tersebut.

1 September 2021: Sean Polisikan Balik Ayu Thalia

Drama perseteruan antara Sean dan Ayu Thalia kian panjang. Setelah dilaporkan atas tuduhan penganiayaan, Nicholas Sean resmi melaporkan balik Ayu Thalia.

"Saya sudah buat laporan semalam di Polres Jakarta Utara," kata pengacara Nicholas Sean, Ahmad Ramzy, saat dihubungi detikcom, Rabu (1/9/2021).

Ramzy mengatakan pihaknya melaporkan Ayu Thalia dengan tuduhan perbuatan pencemaran nama baik dan fitnah.

"Dilaporkan atas pencemaran nama baik dan fitnah Pasal 310 dan 311 KUHP," kata Ramzy.

Nicholas Sean sudah terlebih dulu mengultimatum Ayu Thalia untuk meminta maaf dalam tempo 1x24 jam. Namun ketika itu pihak Nicholas Sean tidak lagi menunggu permintaan maaf dari Ayu Thalia dan memilih menempuh proses hukum terkait tuduhan penganiayaan itu.