Kontroversi Fadli Zon Usul Nama Ibu Kota Baru Jadi Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 21:22 WIB
Undang-undang ibu kota negara sudah resmi disahkan oleh DPR-RI. Rencananya ibu kota negara baru yang terletak di Kalimantan Timur diberi nama Nusantara.
Foto: Screenshot
Jakarta -

Anggota Komisi I Fraksi Gerindra, Fadli Zon, mengkritik keputusan pemerintah dan Panja DPR RI yang sepakat ibu kota baru diberi nama Nusantara. Fadli Zon justru mengusulkan agar nama ibu kota baru mengikuti nama kepala negara, yakni Jokowi.

Usulan itu disampaikan oleh Fadli Zon lewat akun Twitternya @fadlizon pada Selasa (18/1/2022). Usul itu bertepatan dengan hari ini DPR RI bersama pemerintah mengesahkan RUU Ibu Kota Negara (IKN) menjadi UU IKN di rapat paripurna.

"Nusantara kurang cocok jadi nama Ibu Kota baru," kata Fadli Zon seperti dilihat detikcom di akun Twitternya @fadlizon.

Fadli Zon memberikan usul agar nama ibu kota diambil dari nama presiden seperti Ibu Kota Kazakhstan. Dia mengusulkan IKN dinamai Jokowi.

"Nusantara punya pengertian sendiri sebagai wilayah Indonesia, belum lagi ada 'Wawasan Nusantara'. Usul saya nama Ibu Kota langsung saja 'Jokowi'. Sama dengan Ibu kota Kazakhstan Nursultan (dari nama Presiden Nursultan Nazarbayev)," ujarnya

Sebagai informasi, nama Nusantara disampaikan oleh Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. Dia menyebut nama tersebut sudah disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Simak video 'Nusantara Kurang Cocok, Fadli Zon Usul Ibu Kota Baru Dinamai Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]

Simak selengkapnya respons partai lain terhadap Fadli Zon di halaman berikutnya.