detikcom Do Your Magic

'Genangan Aneh' Jl DI Panjaitan Disebabkan Permukaan Jalan Tak Rata

Marteen Ronaldo Pakpahan - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 15:03 WIB
Genangan di Jl DI Panjaitan, Jakarta Timur, 18 Januari 2022. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)
Genangan di Jl DI Panjaitan, Jakarta Timur, 18 Januari 2022. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)
Jakarta -

Genangan di kawasan Jl DI Panjaitan, Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur, cukup aneh lantaran dapat muncul tanpa diguyur hujan deras sebelumnya. Ternyata genangan ini muncul lantaran permukaan jalan tidak rata.

Kasie Ekonomi dan Pembangunan Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Harjianto, menjelaskan biang kerok genangan di jalan ini.

"Karena kan memang secara tekstur jalan di sana itu sudah lama sekali berada dalam posisi rendah," katanya saat ditemui detikcom, Selasa (18/1/2022).

Nah, memang di Jl DI Panjaitan sendiri sudah terbangun sumur resapan dari dinas SDA Jakarta Timur itu untuk mengatasi adanya genangan yang berada di jalan tersebut. Di sekitar lokasi, sudah ada sumur resapan namun letaknya bukan di badan jalan. Adapun pada badan jalan sendiri, permukaannya bergelombang sedemikian rupa sehingga air tidak bisa mengalir ke got.

"Memang jalanan di DI Panjaitan itu nggak rata, boleh kita rasakan kalau lihat itu pasti dari tekstur jalannya bergelombang dan rendah ke bawah. Jadi air itu nggak bisa masuk ke dalam," terangnya.

Dia mengatakan selama ini saluran air yang berada di Jl DI Panjaitan masih berfungsi. Hanya, permukaan jalannya masih kurang sempurna sehingga air terperangkap di badan jalan.

"Saya katakan saluran air disana sangat berfungsi, saya jamin, karena di sana itu banyak sekali penampungan air di sana ada saluran Phb (penghubung), sumur resapan, dan tali air juga," jelasnya.

Sebelumnya, Drainase yang berada di Jl DI Panjaitan, Cipinang Cipendak, Jakarta Timur, sempat disorot oleh warga lantaran selalu menimbulkan genangan meski hujan tidak turun. Kini, pasukan biru mulai menangani masalah ini.

(dnu/dnu)