Ini Kriteria Kepala Otorita IKN Nusantara Versi Ketua Pansus

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 16:34 WIB
Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia
Foto: Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia. (Zhacky-detikcom)
Jakarta -

Ketua Panitia Khusus (Pansus) RUU Ibu Kota Negara (IKN) Ahmad Doli Kurnia membeberkan kriteria calon Kepala Otorita IKN Nusantara. Salah satunya harus mengetahui visi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya kira kalau soal kriteria, yang paling penting adalah tahu betul tentang visi Pak presiden, visi pemerintah, visi kita semua sekarang ini tentang pentingnya pemindahan ibu kota negara itu, itu yang paling penting," kata Doli kepada wartawa di Kompleks Parlemen, DPR, Jakarta, Selasa (18/1/2022).

Doli menuturkan, selain mengetahui visi Presiden, calon Kepala Otorita IKN Nusantara harus memiliki pengalaman mengenai perencanaan tata ruang dan tata kota. Termasuk, sambung dia, punya pengalaman mencari skema-skema pembiayaan.

"Yang kedua, mungkin orangnya yang punya pengalaman ya di dunia urban planning, planologi. Terus juga punya pengalaman tentang bagaimana berinovasi mencari skema-skema pembiayaan, dan tentu orang yang berintegritas," ujarnya.

Ketua Komisi II DPR itu menegaskan pemilihan Kepala Otorita IKN Nusantara tidak melalui uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test. Pemilihan Kepala Otorita IKN kewenangan Presiden dengan konsultasi DPR.

"Nggak ada (uji kelayakan). Kan di dalam UU itu (UU IKN) diatur bahwa pengangkatan ketua dan wakil ketua otorita itu adalah sepenuhnya dilakukan Presiden dan dikonsultasikan kepada DPR," ucapnya.

Soal Kepala Otorita sebagaimana diatur dalam UU IKN ada di halaman berikutnya.