Jokowi: Jika Tak Mendesak, Kurangi Kegiatan di Pusat Keramaian

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 16:26 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta warga mengurangi kegiatan di pusat keramaian jika tak ada keperluan yang mendesak. Jokowi juga mengajak warga untuk mengoptimalkan bekerja dari rumah.

"Oleh karena itu, jika bapak/ibu dan saudara-saudara sekalian tidak memiliki keperluan mendesak, sebaiknya mengurangi kegiatan di pusat-pusat keramaian dan untuk mereka yang bisa bekerja dari rumah, work from home, lakukanlah kerja dari rumah," ujar Jokowi dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (18/1/2022).

Jokowi juga menjelaskan karakteristik virus Corona varian Omicron berdasarkan berbagi studi. Jokowi mengatakan Omicron memang cepat menular, tapi hanya menimbulkan gejala ringan.

"Berbagai studi, termasuk laporan WHO, menyebutkan varian Omicron memang lebih mudah menular, namun gejalanya lebih ringan. Pasien yang terinfeksi varian ini umumnya pulih tanpa harus dirawat di rumah sakit," kata dia.

Namun Jokowi meminta masyarakat tetap waspada dengan Omicron. Dia mengingatkan agar warga tak gegabah.

"Tapi sekali lagi kita harus waspada, jangan jemawa, jangan gegabah," jelasnya.

Tak lupa, Jokowi juga mengingatkan masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi. Mengikuti vaksinasi, sebut Jokowi, adalah hal penting saat pandemi.

"Hal penting lainnya di masa pandemi adalah vaksinasi," kata Jokowi.

(lir/imk)