Pencuri Mobil Pikap di Bogor yang Viral Diciduk, Ternyata Residivis!

Rizky Adha M - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 13:19 WIB
Polisi menggagalkan aksi pencurian mobil pikap di Jl Raya Sentul, Kabupaten Bogor. Pelaku AB (41) merupakan residivis spesialis pencurian mobil pikap. (Rizky AM/detkcom)
Polisi menggagalkan aksi pencurian mobil pikap di Jl Raya Sentul, Kabupaten Bogor. Pelaku AB (41) merupakan residivis spesialis pencurian mobil pikap. (Rizky AM/detkcom)
Bogor -

Satlantas Polres Bogor menggagalkan aksi pencurian mobil pikap di Jl Raya Sentul, Kabupaten Bogor. Pelaku AB (41) merupakan residivis spesialis pencurian mobil pikap.

"Ya yang bersangkutan juga seorang residivis. Pernah menjalani pidana di Jakarta Timur dan melakukan sendirian," kata Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin, Selasa (18/1/2022).

Aksi pencurian bermula saat tersangka membobol kendaraan yang sedang diparkir di rumah korban. Saksi yang melihat aksi tersebut melapor ke korban.

Korban sempat mengejar tersangka. Tersangka akhirnya dibekuk anggota Satlantas Polres Bogor yang saat itu sedang bertugas. Peristiwa ini sempat viral di media sosial (medsos).

"Pada saat itu ada anggota kami dari Satuan Lalu Lintas dari Polres Bogor yang sedang melaksanakan tugas patroli. Selanjutnya pelaku bisa diamankan oleh petugas dari kami," lanjutnya.

Polisi menggagalkan aksi pencurian mobil pikap di Jl Raya Sentul, Kabupaten Bogor. Pelaku AB (41) merupakan residivis spesialis pencurian mobil pikap. (Rizky AM/detkcom)Polisi menggagalkan aksi pencurian mobil pikap di Jl Raya Sentul, Kabupaten Bogor. Pelaku AB (41) merupakan residivis spesialis pencurian mobil pikap. (Rizky AM/detkcom)

Spesialis Pencuri Mobil Pikap

Tersangka telah melakukan aksi pencurian mobil pikap sebanyak 11 kali. Sebelumnya, tersangka kerap beraksi di wilayah Jakarta. Ini kali pertama tersangka beraksi di Bogor.

"Yang di Jakarta informasinya menurut pengakuan yang bersangkutan (tersangka) itu ada 11 TKP," ujar Kasat Reskrim Polres Bogor, AKP Siswo Tarigan pada kesempatan yang sama.

Mobil yang dicuri biasanya dijual seharga Rp 6 juta kepada penadah. Penadah F (40) merupakan warga Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Polisi masih mendalami keterlibatan penadah dalam kasus ini karena mobil pikap yang dicuri belum sempat dijual.

"Karena belum sempat ke sana ya belum. Tapi menurut pengakuan dia kejahatan kejahatan yang di Jakarta pasti di lempar ke sana," bebernya.

Tersangka AB mengaku mencuri atas alasan ekonomi. Atas perbuatannya, pelaku dikenai Pasal 364 KUHP dengan ancaman maksimal 9 tahun penjara.

(jbr/jbr)