Polda Metro Tilang 23 Mobil Pelat 'Dewa' Penerobos Gage Selama 2 Hari

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 12:48 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Ditlantas Polda Metro menindak mobil berpelat 'RF' yang melanggar aturan ganjil-genap. Dua hari terakhir puluhan mobil berpelat khusus itu dikenai sanksi tilang.

"(Sebanyak) 23 kendaraan berpelat khusus ditilang dalam dua hari ini," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dihubungi, Selasa (18/1/2022).

Sambodo mengatakan penilangan itu dilakukan di sejumlah lokasi. Titik pelanggaran mobil berpelat RF selama dua hari terakhir itu mulai dari Bundaran Senayan hingga ruas Tol Dalam Kota.

"Lokasi (tilang) di Sudirman-Thamrin, TL Kuningan, Bundaran HI, jalan tol kota," kata Sambodo.

Sambodo menegaskan tidak ada pelat istimewa yang bisa melanggar aturan lalu lintas. Dia memastikan tiap kendaraan yang menggunakan pelat RF dan terbukti melakukan pelanggaran lalu lintas akan dikenakan sanksi oleh petugas.

"Tidak ada pelat dewa. Semua wajib patuhi aturan. Ganjil genap, rotator, lajur kiri di tol. Semua wajib patuh," tegas Sambodo.

Untuk diketahui, Ditlantas Polda Metro Jaya sebelumnya menilang sejumlah mobil berpelat nomor dengan kode 'RF' yang melanggar aturan ganjil genap di beberapa titik di Jakarta. Polisi mengatakan semua pengguna jalan harus menaati aturan lalu lintas.

"Tidak ada pelat dewa, semua wajib patuhi aturan," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Selasa (18/1).

Tilang itu dilakukan di sejumlah ruas ganjil genap di Jakarta. Beberapa di antaranya ditilang di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia.

Tidak hanya mobil berpelat 'RF', polisi juga bakal menindak pengguna jalan yang melanggar aturan seperti mobil pribadi ber-rotator hingga pelanggaran lajur kiri di jalan tol.

Sambodo menambahkan bahwa semua pihak harus tertib dalam berlalu lintas di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Aturan itu wajib dipatuhi di jalan raya maupun jalan tol.

Untuk diketahui, ganjil genap berlaku dua sesi setia hari Senin sampai Jumat. Ganjil-genap pagi hari pukul 06.00-10.00 WIB dan sore hari pada pukul 16.00-21.00 WIB.

Ganjil-genap berlaku di 13 ruas jalan protokol. Berikut daftar ruas jalannya:

1. Jalan Jendral Sudirman
2. Jalan MH Thamrin
3. Jalan HR Rasuna Said
4. Jalan Fatmawati
5. Jalan Panglima Polim
6. Jalan Sisingamangaraja
7. Jalan MT Haryono
8. Jalan Gatot Subroto
9. Jalan S. Parman
10. Jalan Tomang Raya
11. Jalan Gunung Sahari
12. Jalan DI Panjaitan
13. Jalan Ahmad Yani

Lihat juga video 'Aksi Pemotor Wanita di Jaktim Acungkan Jari Tengah ke Polisi':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/knv)