Bahas RUU IKN, Pansus DPR-Pemerintah Rapat hingga Tengah Malam

Tim detikcom - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 23:10 WIB
Gedung DPR/MPR
Gedung DPR RI (Dok. detikcom)
Jakarta -

Panitia Khusus Ibu Kota Negara (Pansus IKN) bersama pemerintah masih membahas Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN). Pansus IKN DPR bersama pemerintah membahas klaster kelembagaan, pendanaan, hingga pertanahan RUU IKN.

Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua Pansus IKN, Saan Mustopa, masih digelar hingga pukul 22.50 WIB, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, seperti dilihat di akun YouTube Parlemen Channel, Senin (17/1/2022). Turut hadir seluruh fraksi dan Menteri PPN/Kepala Bapennas, Suharso Monoarfo.

"Kita sudah menyelesaikan terkait dengan soal DIM klaster kelembagaan otoritas, kita akan memasuki klaster yang kedua, yaitu klaster pendanaan atau anggaran," kata Saan Mustopa.

Sebelum memasuki klaster pendanaan, Pansus IKN bersama pemerintah sudah membahas klaster kelembagaan. Pimpinan Pansus IKN mengajukan mekanisme pembahasan yang baru.

"Kita akan mengubah terkait soal dengan mekanisme pembahasan yang tadi sudah disepakati. Mekanisme pembahasan terkait dengan klaster pendanaan dan anggaran ini, tidak dilakukan secara pasal per pasal tetapi akan dilakukan secara klaster dan akan meminta pandangan dan pendapat fraksi per fraksi terkait klaster ini," ujar Saan.

Peserta rapat pembahasan RUU IKN menyetujui pandangan tersebut. Namun, Fraksi PPP interupsi bahwa pandangan tersebut juga harus disetujui pemerintah bahwa pandangan pemerintah dijadikan satu di akhir rapat.

"Dari Fraksi PPP mengingatkan dalam lazimnya pembahasan undang-undang itu perlu ada setuju juga dari pemerintah, nah tadi baru persetujuan dari fraksi-fraksi, apakah persetujuan pemerintah di akhir atau klaster, perlu dibahas juga mekanismenya

Saan Mustopa kemudian menanyakan pandangan tersebut kepada pemerintah. Pihak pemerintah pun menyepakati bahwa pandangan dan pendapat mereka dilakukan di akhir rapat.

Usai mendengar pandangan setiap fraksi, Pansus IKN kemudian menyetujui klaster pendanaan dalam RUU IKN. Pembahasan RUU IKN kemudian dilanjutkan pembahasan klaster rencana induk.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya: