Viral Ibu Mau Melahirkan di Sumsel Terpaksa Ditandu Gegara Jalan Rusak

Prima Syahbana - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 19:24 WIB
Palembang -

Video seorang ibu hamil di Musi Rawas Utara (Muratara), Sumatera Selatan, yang mau melahirkan, viral di media sosial. Video itu viral lantaran ibu yang hendak melahirkan itu terpaksa ditandu menuju puskesmas karena kondisi jalan rusak, berlumpur, dan licin yang tidak bisa dilewati mobil.

Dilihat detikcom, Senin (17/1/2022), dalam video itu terlihat seorang wanita hamil yang belakangan diketahui bernama Rusmina (40), warga Desa Beringin Makmur II, Kecamatan Rawas Ilir, Muratara, Sumsel. Dia terpaksa ditandu dan dikawal tenaga kesehatan (nakes) menuju ke puskesmas karena hendak melahirkan.

"Iya video itu benar, kejadiannya hari Sabtu (15/1/2022), kemarin. Itu pasien dari Sungai Gulo, dia itu mau melahirkan, nakes kita menjemput, ada dokter dan bidan ikut jemput," kata Kepala Puskesmas Bingin Teluk dr Hendra kepada wartawan, Senin (17/1/2022).

Hendra mengatakan nakesnya itu awalnya hendak menjemput Rusmina menggunakan ambulans. Namun sayang, kondisi jalan yang rusak, berlumpur, dan licin membuat mobil ambulans puskesmas tak dapat melintas.

"Karena lokasi dusunnya itu jauh, jadi dia dibawa pakai mobil warga dulu dari sana, kami menyusul jemput. Ketika di lokasi jalan licin itu, kendaraan kita sama-sama tidak bisa lewat. Dari sana tidak bisa lewat ke sini, ambulans kami juga tidak bisa lewat ke sana, jadi digotonglah (ditandu)," ungkapnya.

Rusmina, katanya, kemudian ditandu warga melewati jalan berlumpur itu sekitar 10 menit dengan berjalan kaki. Setelah itu, Rusmina dibawa ke puskesmas dengan ambulans.

Tapi sayang, saat dilakukan pemeriksaan, ternyata Rusmina tak bisa melahirkan normal sehingga dirujuk ke rumah sakit di Lubuklinggau.

"Digotong sekitar 10 menit melewati jalan rusak itu. Saat dibawa dan diperiksa ternyata posisi bayinya melintang, tidak normal, setelah kita lakukan penanganan awal, kemudian kita rujuk ke rumah sakit. Kabar terakhir yang kita dapat, ibu dan bayinya selamat semua," jelasnya.

Sementara itu, Camat Rawas Ilir Muratara, Syukur, membenarkan kejadian itu terjadi di wilayahnya. Menurutnya, di musim hujan sudah tak heran pemandangan jalan seperti itu di kawasan tersebut.

"Iya memang ada, kejadiannya itu viral. Ya memang kalau musim penghujan kondisi jalannya ya seperti itu. Itu kan jalan milik perusahaan, cuma satu itu lah jalan akses warga di sana, tak ada jalan lain. Kita akan koordinasikan dengan pihak perusahaan itu, agar dapat melakukan pengerasan di jalan itu karena jalan itu memang milik mereka," kata Syukur ketika dikonfirmasi detikcom.

(mae/mae)