Pelapor Minta Kasus Dugaan Pemalsuan oleh Pendiri Kaskus Dilanjutkan

Dwi Andayani - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 17:22 WIB
Jack Boyd Lapian dan Titi Sumawijaya di PN Jakarta Selatan
Jack Boyd Lapian dan Titi Sumawijaya didampingi kuasa hukum. (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta -

Jack Boyd Lapian dan Titi Sumawijaya divonis bebas pada kasus dugaan pencemaran nama baik pendiri Kaskus, Andrew Darwis, yang disebut melakukan pemalsuan dokumen dan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Titi Sumawijaya meminta kasus pemalsuan dan TPPU yang dilaporkannya kembali diproses.

"Kasus saya ini sudah betul-betul sangat lama, dan kasus ini juga harusnya segera digelar di Mabes Polri tapi sampai sekarang masih tertunda, saya tidak tau apa penyebabnya," ujar Titi Sumawijaya saat ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jl Ampera Raya, Senin (17/1/2022).

Titi menilai telah ada beberapa bukti yang membuat Andrew Darwis layak menjadi tersangka. Dia juga meminta agar sertifikat tanah miliknya dikembalikan.

"Kepada Pak Kapolri, Pak Kabareskrim, Pak Kapolda tolong saya yang sudah 3 tahun terzalimi. Karena sudah ada dua alat bukti Andrew Darwis layak dijadikan tersangka," kata Titi.

"Putusan Irwasum, itu juga menyebut bahwa Andrew Darwis sudah layak dijadikan tersangka. Ketiga, saya minta sertifikat saya segera balik nama dan kembalikan ke saya. Segera lah, kalau memang Andrew Darwis bersalah itu segera dijadikan tersangka, ini terlampau lama, saya juga sudah lelah," sambungnya.

Sementara itu, Jack Lapian mengatakan kasus TPPU yang dilaporkannya saat ini masih dalam proses penyidikan. Selain itu, Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) sudah diterbitkan.

"Satu hal pokok perkara masih dalam penyidikan, ini udah 3 tahun lebih terakhir SP2HP itu akan digelar di Wassidik Mabes Polri, kita lihat ke depan apakah Polri Presisi," kata Jack Lapian

"Saya respect bangga pada Pak Kapolri, saya harap babas abis oknum-oknum polisi termasuk yang melaporkan kami ke sini penyidiknya tolong diatensi untuk dimutasi," imbuhnya.

Jack Lapian dan Titi Divonis Bebas

Jack Boyd Lapian dan Titi dilaporkan Andrew Darwis atas pencemaran nama baik. Hakim lantas memvonis bebas dan menilai keduanya tidak terbukti melakukan pencemaran nama baik.

"Mengadili menyatakan terdakwa satu Titi Sumawijaya dan terdakwa dua Jack Boyd Lapian tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana dakwaan," ujar hakim ketua Elfian dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jl Ampera Raya, Senin (17/1).

Hakim memutuskan Jack Lapian dan Titi Sumawijaya dibebaskan dari seluruh dakwaan jaksa. Serta memulihkan hak dan harta martabatnya.

Lihat juga video saat 'Jack Lapian Jadi Tersangka Pencemaran Nama Baik Pendiri KasKus':

[Gambas:Video 20detik]