Di Sidang, Azis Syamsuddin Pamer Pernah Tangkap KPK Gadungan

Zunita Putri - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 15:09 WIB
Azis Syamsuddin
Azis Syamsuddin (Foto: Zunita Amalia Putri/detikcom)
Jakarta -

Mantan wakil ketua DPR yang kini jadi terdakwa kasus suap eks penyidik KPK, Azis Syamsuddin memaparkan pengalamannya menangkap pegawai KPK gadungan. Azis menyampaikan itu saat diperiksa sebagai terdakwa.

Azis Syamsuddin mengaku tahu AKP Stepanus Robin Pattuju alias Robin penyidik KPK adalah penyidik KPK dari name tag yang dikenakan Robin saat bertemu dengan Azis di rumah dinas Azis. Jaksa lantas bertanya mengenai sikap Azis kala itu, apakah sempat mengecek Robin benar penyidik KPK atau tidak.

"Apakah saudara pernah tanya ke Robin 'apa benar saudara dari KPK?'" tanya jaksa Wahyu Dwi Octafianto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakpus, Senin (17/1/2022).

"Saya hanya senyum-senyum aja pak. Saya hanya suruh masukin itu name tag-nya," jawab Azis.

Jaksa Wahyu pun kembali bertanya ke Azis, apakah pernah merasa curiga dengan AKP Robin. Azis pun langsung memamerkan pengalamannya yang menangkap pegawai KPK gadungan.

"Apa ada kecurigaan apakah name tag Robin asli atau palsu?" tanya jaksa lagi.

"Bisa saja. Tahun 2006-2007 zamannya Taufiequrachman Ruki ada orang datang memeras juga, dan saya tangkap di Hotel Mulia. Bapak boleh tanya ke Pak Tufik sebagai Ketua KPK," timpal Azis.

Azis mengatakan saat itu pegawai KPK gadungan yang ditangkap juga memiliki name tag 'KPK'. Hal itu dijelaskan Azis saat diberi kesempatan majelis menjelaskan.

"Bahwa saat Taufiequrachman Ruki (menjabat) pernah kejadian orang ngaku-ngaku orang KPK dan itu tertangkap. Dan itu juga menggunakan name tag, jelas itu, dan saat itu saya juga tangkap dia," jelas Azis.