Pembunuh Warga yang Selfie dengan Korban Juga Penyerang Pos TNI Maybrat

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 11:24 WIB
Ilustrasi garis polisi dilarang melintas
Ilustrasi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Polisi masih memburu buron atas nama Manfret Fatem yang diduga selfie dengan korban usai membunuh warga, OA, di Distrik Aifat Timur, Kabupaten Maybrat, Papua Barat, pada akhir 2020. Manfret Fatem juga masuk daftar pencarian orang (DPO) penyerangan Pos Koramil Kisor Kodim 1809/Maybrat, yang menewaskan empat prajurit TNI.

"Tersangka Manfret Fatem yang juga saat ini masih selaku DPO dalam kasus Penyerangan Pos Ramil Kisor tanggal 2 September 2021 lalu," ujar Kapolres Sorong Selatan AKBP Choiruddin Wachid melalui keterangan tertulis, Senin (17/1/2022).

Terpisah, Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Adam Erwindi mengatakan polisi masih memburu Manfret Fatem. Adam mengatakan Manfret diduga membantu pelaku lainnya yang sudah tertangkap 2 hari lalu, Moses Faan, dalam membunuh OA.

"Belum (ditangkap). Masih pengejaran," ucap Adam.

Diketahui, penyerangan ke Pos Koramil Persiapan Kisor Distrik Aifat Selatan terjadi pada Kamis (2/9/2021), pukul 04.00 WIT. Saat itu, personel TNI yang ada dalam pos mayoritas dalam kondisi tidur.

Ada enam personel TNI AD yang menjadi korban. Mereka terdiri atas empat orang gugur dan dua orang lainnya terluka. Sedangkan lima orang berhasil menyelamatkan diri.

Sementara itu, polisi sebelumnya sudah menetapkan 17 orang ke dalam DPO kasus yang terjadi pada Kamis (2/9/2021) dini hari.

"Polda Papua Barat akan memberikan rilis terkait DPO 17 pelaku tindak pidana penganiayaan yang menyebabkan korban meninggal dunia yang terjadi pada tanggal 2 September 2021 pukul 03.00 WIT di Kisor, Kabupaten Maybrat, Papua Barat. Dalam kejadian tersebut, telah mengakibatkan gugurnya 4 personel TNI AD," ujar Kombes Adam Erwindi, Jumat (10/9).

Ke-17 DPO itu bernama Silas Ki, Manfred Fatem, Musa Aifat, Setam Kaaf, Titus Sewa, Irian Ki, Alfin Fatem, Agus Kaaf, Melkias Ki, Melkias Same, Amos Ki, Musa Aifat, Moses Aifat, Martinus Aisnak, Yohanes Yaam, Agus Yaam, dan Robi Yaam. Silas Ki sendiri diketahui merupakan Ketua KNPB sektor Kisor yang menjadi penggagas dari kegiatan penyerangan tersebut.

Simak juga 'Mayor TNI AL Pukul Driver Ojol, LBH Keadilan Colek Jenderal Andika':

[Gambas:Video 20detik]



(drg/knv)