Buron Pembunuh Warga yang Selfie dengan Korban di Papua Barat Ditangkap

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Minggu, 16 Jan 2022 18:24 WIB
Ilustrasi tangan diborgol
Ilustrasi penangkapan (Foto: Rifkianto Nugroho)
Papua Barat -

Seorang warga berinisial OA di Distrik Aifat Timur, Kabupaten Maybrat, Papua Barat, diduga tewas dibunuh Komite Nasional Papua Barat (KNPB) pada akhir 2020 lalu. Satu DPO atas nama Moses Faan ditangkap di Maybrat kemarin.

"Setelah sekian lama dalam persembunyian, akhirnya tersangka Moses Faan berhasil dibekuk oleh tim Resmob Polres Sorong Selatan di Kampung Karsu Distrik Aitinyo Kabupaten Maybrat," ujar Kapolres Sorong Selatan AKBP Choiruddin Wachid dalam keterangan yang dikirim Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Adam Erwindi, Minggu (16/1/2022).

Adapun Moses Faan sudah masuk ke dalam DPO sejak 28 Desember 2020 lalu. Moses Faan diduga membunuh OA pada 11 Desember 2020 sekitar pukul 09.30 WIT di Kampung Sori, Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat.

Choiruddin mengatakan Moses Faan ditangkap saat sedang bersembunyi. Saat ditangkap, Moses Faan sempat memberi perlawanan dengan menyerang petugas menggunakan parang.

"Saat akan ditangkap, tersangka Moses Faan sempat melakukan perlawanan dengan mencoba menyerang petugas dengan menggunakan parang," tuturnya.

Choiruddin menjelaskan petugas melepas tembakan peringatan sebanyak tiga kali ke udara. Namun, tembakan peringatan diabaikan oleh Moses Faan.

Maka dari itu, kata Choiruddin, polisi terpaksa menembak Moses Faan. Dia memastikan penembakan dilakukan sesuai dengan SOP yang berlaku.

"Petugas mengimbau dan memberikan tembakan peringatan sebanyak 3 kali ke udara. Namun tersangka Moses Faan tetap tidak mengindahkan, sehingga petugas melakukan tindakan tegas dan terukur sesuai SOP terhadap tersangka," terang Choiruddin.

Terpisah, Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Adam Erwindi menyebut masih ada satu DPO lagi yang belum tertangkap. Saat ini, DPO atas nama Manfret Fatem masih diburu polisi.

"Baru 1 yang ketangkap. Masih pengejaran," ucap Adam.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...