detikcom Do Your Magic

Before-After Pembongkaran Tanggul Halangi Jalan di Pondok Bambu

Tim detikcom - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 11:18 WIB
Masalah jalan perumahan Pondok Bambu terhalang tanggul: TUNTAS
Masalah jalan perumahan Pondok Bambu terhalang tanggul: TUNTAS (Mindra Purnomo/detikcom).
Jakarta -

Salah seorang warga di kawasan Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur membuat tanggul yang halangi akses jalan. Kini, tanggul tersebut telah dibongkar.

Dilihat detikcom pada Sabtu (15/1), tanggul tersebut terletak di Kompleks Kaveling TNI AL, Blok A5, Rt 09/015. Tepat di sisi got. Akibat tanggul itu, kendaraan tidak bisa melintas, hanya pejalan kaki yang memungkinkan melintasi lokasi.

Tanggul di perumahan Kompleks Kaveling TNI AL, Pondok Bambu, Jakarta Timur, 15 Januari 2022. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)Tanggul di perumahan Kompleks Kaveling TNI AL, Pondok Bambu, Jakarta Timur, 15 Januari 2022. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom) Foto: Tanggul di perumahan Kompleks Kaveling TNI AL, Pondok Bambu, Jakarta Timur, 15 Januari 2022. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)

Tanggul itu, disebut telah dipasang sejak 11 Januari 2022. Usut punya usut, tanggul itu merupakan usaha agar permukiman tidak banjir saat got meluap.

Setelah didatangi oleh polisi hingga lurah, tembok tersebut kini dibongkar. Pada Minggu, (16/1), tembok sudah dibongkar.

Berikut perbandingan before after atau sebelum dan setelah tanggul dibongkar:

Before

Sabtu (15/1/2022), terlihat jalanan penghubung antara RT 09 dan RT 011 tersebut terhalang tanggul beton dengan panjang 10 meter dengan tinggi sebetis orang dewasa.

Tak hanya itu, sebuah karung goni juga tampak berdiri tegak di kawasan tersebut untuk menghalangi jalan yang ditutup.

Tanggul tengah jalan di perumahan kawasan Pondok Bambu, Jakarta Timur, 15 Januari 2022. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)Tanggul tengah jalan di perumahan kawasan Pondok Bambu, Jakarta Timur, 15 Januari 2022. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom) Foto: Tanggul tengah jalan di perumahan kawasan Pondok Bambu, Jakarta Timur, 15 Januari 2022. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)


After

Minggu (16/1/2022), pukul 09.15 WIB, terlihat tanggul tersebut sudah dirobohkan. Terpantau masih terlihat sejumlah batu bata dan pasir dari sisa tanggul tersebut dibiarkan berada di pinggir jalan.

Akses jalan di Jalan Teluk Tomini saat itu, sudah tidak lagi terhalang tanggul. Saat itu, portal yang sebelumnya memang ada di lokasi diturunkan untuk menutup jalan.

tanggul pondok bambu dirobohkanTanggul di Pondok Bambu dirobohkan Foto: Rifqi/detikcom

Simak juga 'Arahan Jokowi soal DKI Jakarta Jadi Medan Perang Pertama Lawan Omicron':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)