Angin Puting Beliung di Pontianak, Sejumlah Atap Rumah Warga Rusak

Adi Saputro - detikNews
Minggu, 16 Jan 2022 23:04 WIB
Hujan deras disertai angin puting beliung menerjang dua desa di Kecamatan Megaluh, Jombang. Akibatnya, dua pohon tumbang menutup jalan antarkecamatan, serta 31 rumah warga rusak.
Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Pontianak -

Angin puting beliung melanda permukiman padat penduduk di Tanjung Harapan, Kelurahan Banjar Serasan, Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar). Akibatnya sejumlah rumah warga rusak.

Angin puting beliung tersebut terjadi pada Minggu (16/01) pukul 16.45 WIB. Sejumlah atap rumah warga beterbangan.

Menurut warga setempat, Saukani, angin puting beliung tersebut diawali dengan cuaca yang mendung. Kemudian, terbentuk lah angin puting beliung.

Angin lalu berputar-putar menuju ke arah pemukiman warga. Kejadian ini menimbulkan kepanikan warga.

"Saya pas di luar rumah, dan mendapat laporan rumah saya telah rusak terutama atapnya yang terbang. Seluruh keluarga ada di rumah, alhamdulillah tidak ada satupun yang alami luka-luka, semua selamat," ungkap Saukani.

Warga lainnya, Nova mengatakan angin kencang datang secara tiba-tiba. Kemudian disusul hujan deras.

"Seluruh anak saya ada di rumah, mereka ketakutan. Atap warung juga ikut terbang," jelas Nova.

Diketahui, BMKG Pontianak tiga hari sebelumnya telah memperingatkan akan adanya potensi cuaca ekstrim dimulai pada 16 Januari hingga 20 Januari 2022.

Peristiwa angin puting beliung ini tidak menimbulkan korban jiwa maupun luka. Saat ini warga terdampak angin puting beliung masih bertahan di rumah. Mereka berharap adanya bantuan terpal agar rumah mereka tak mengalami kebocoran saat hujan terjadi.

(isa/isa)