Suami Disebut Minggat, Istri yang Laporkan PNS Sulut 'Hilang' Buka Suara

Anggi Muliawati - detikNews
Jumat, 14 Jan 2022 22:01 WIB
Heince J Keintjem, PNS asal Manado dilaporkan hilang
Heince J Keintjem, PNS yang dilaporkan 'hilang' oleh istrinya. (Dok. Instagram @infokemanusiaansosial)
Jakarta -

Pegawai Negeri Sipil (PNS) Sulut, Heince J Keintjem (43), dilaporkan hilang sejak 30 Desember 2021. Pemprov Sulut menyatakan Heince J Keintjem tidak hilang, melainkan meninggalkan rumah.

Istri Heince, Inggrid Sagune, melalui kuasa hukumnya, Meli menjelaskan awal mula pelaporan 'hilangnya' Heince. Heince terakhir berkomunikasi dengan Inggrid dan anaknya pada 30 Desember 2021.

"Terakhir suaminya WA dengan beliau dan anaknya kalau ada masalah dan masalahnya tidak tahu apa," kata Meli saat dihubungi detikcom, Jumat (14/1/2022).

Saat itu Inggrid mencoba rileks dan santai. Namun kemudian Heince sudah tidak bisa dihubungi hingga Inggrid menanyakan keberadaan suaminya kepada orang-orang kantornya.

"Tetapi semua tidak tahu keberadaan beliau, sampai kepala bagiannya ditanya tidak tahu dan yang membuat Ibu Inggrid tanda tanya, kenapa orang kantornya tidak khawatir, tidak takut, santai saja?" tutur Meli.

Meli menuturkan kedua anak Heince dan orang tua Inggrid sempat mencari Heince ke kantor perwakilan di Kemayoran, Jakarta Pusat, pada 3 Januari 2022. Akan tetapi mereka juga tidak mendapatkan jawaban dari orang kantor Heince.

Inggrid sudah berusaha mencari tahu keberadaan sang suami ke teman-teman kantor Heince. Hingga kemudian Inggrid membuat laporan orang hilang di Polres Metro Jakarta Pusat pada 7 Januari 2022.

Sebelumnya, Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) menyatakan Heince J Keintjem sebenarnya tak benar-benar hilang. Pemprov menyebut Heince hanya pergi dari rumah karena sedang ada masalah dengan istrinya.

"ASN yang bersangkutan tidak hilang, namun keluar meninggalkan rumah," kata Sekprov Sulut Gemmy Kawatu saat dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (14/1).

Kawatu mengatakan Heince saat ini masih beraktivitas seperti biasa di kantor Penghubung Pemda Sulut di Jakarta. Hanya, Heince masih enggan bertemu dengan sang istri.

"Yang bersangkutan tetap melaksanakan tugas di kantor setiap hari. Namun selalu menghindar dari istri dan keluarga dari pihak istri karena dianggap sudah terlalu mengintervensi," katanya.


Ungkap Ada Masalah

Terkait pernyataan pihak Pemprov Sulut, Meli mengakui kliennya memang tengah ada masalah dengan Heince. Menurut Meli, Heince meninggalkan Inggrid sejak 2014 dan hanya berkomunikasi via WhatsApp.

Meli mengatakan selama ini Inggrid menutupi permasalahan rumah tangganya itu dengan Heince, mengingat Heince adalah pejabat di Pemprov Sulut.

"Bu Inggrid memang ada masalah sama suaminya, tetapi ditutupin karena suaminya pejabat dan Bu Inggrid tertekan saat ini," ujar Meli.

Untuk diketahui, Inggrid melaporkan menghilangnya suaminya ini ke Polres Metro Jakarta Pusat pada 7 Januari 2022. Polisi saat ini masih menyelidiki laporan Inggrid tersebut.

(mea/fjp)